Tinggal Dekat Jalan Raya Tingkatkan Risiko Demensia

Penulis: Administrator Pada: Minggu, 08 Jan 2017, 09:30 WIB Kesehatan
Tinggal Dekat Jalan Raya Tingkatkan Risiko Demensia

AFP

SEBUAH studi baru menemukan tinggal di dekat jalan raya dapat meningkatkan risiko penurunan kemampuan kognitif seiring dengan berjalannya waktu. Meskipun penurunan kognitif merupakan hal yang wajar, kebanyakan orang tak menyadari bahwa ada faktor lain yang dapat meningkatkan hilangnya kekuatan otak tersebut.

Berdasarkan studi tersebut, terdapat hubungan antara tinggal di dekat jalan raya dan risiko terkena demensia. Penelitian tersebut menunjukkan, jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal lebih dari 300 meter dari jalan utama, mereka yang tinggal sekitar 50 meter dari jalan raya berisiko lebih tinggi untuk terkena penurunan kognitif akibat penuaan.

"Studi ini mengidentifikasi jalan raya dan polutan di lalu lintas mungkin menjadi faktor risiko untuk demensia, tetapi dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat relasi antara polusi udara pada demensia dan faktor lain seperti merokok, kurang olahraga, dan kegemukan," ujar David Reynolds, yang tidak terlibat dalam penelitian.

Sebelumnya, para peneliti juga sudah menemukan stres dan rasa cemas berkaitan dengan peningkatan risiko penurunan kognitif pada wanita yang tinggal di dekat jalan raya. Metrotvnews.com/H-3

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More