Perum Perindo Buka Ekspor Produk Perikanan ke AS

Penulis: Jes/E-2 Pada: Rabu, 28 Des 2016, 03:11 WIB Ekonomi
Perum Perindo Buka Ekspor Produk Perikanan ke AS

ANTARA/Wahyu Putro A

PERUM Perikanan Indonesia (Perindo) menyatakan pihaknya kembali mengembangkan pasar ekspor produk perikanan. Setelah ekspor ikan layang ke Korea Selatan dan olahan tuna ke Jepang, BUMN perikanan itu mengekspor olahan rajungan dan ikan ke Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya.

Pemberangkatan dua kontainer olahan rajungan dan ikan ke 'Negeri Paman Sam' dilakukan dari pabrik olahan rajungan yang dikelola Perindo bersama mitranya, PT Kemilau Bintang Timur (KBT), di Cirebon, kemarin.

Pengiriman dilakukan Direktur Operasi dan Pemasaran Perum Perindo Dendi Anggi Gumilang dan General Manager KBT Aris Guntoro. Turut menyaksikan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon Muhidin dan Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Provinsi Jawa Barat Eko Sulistyanto.

Menurut Senior Manager Perdagangan dan Pengolahan Ikan Perum Perindo Wenny Prihatini, ekspor ke AS dengan volume 30 ton tersebut bernilai Rp3,9 miliar. "Kami sudah mulai ekspor ke AS. Selanjutnya, kami akan ekspor barang yang sama secara reguler, setidaknya sebulan dua kali," katanya dalam keterangan resmi.

Menurut Wenny, mayoritas rajungan dan ikan jenis mahi-mahi yang diekspor berasal dari nelayan Cirebon yang dibeli Perindo.

Selanjutnya, hasil laut itu diproses di Unit Pengolahan Ikan (UPI) dan Rajungan di Kanci, Cirebon. "Ini merupakan produksi hasil kerja sama operasional antara Perindo dan KBT."Selain itu, sejak bulan ini Perindo juga mulai mengekspor ikan kerapu ke Hong Kong. Ikan diekspor dari Denpasar, Bali, dengan kargo udara. Ikan tersebut merupakan hasil produksi keramba jaring apung (KJA) Perum Perindo di Buleleng, Bali.

Menurut General Manager Strategic Business Unit (SBU) Marikultur Perum Perindo Muhibuddin Kotto, hingga akhir tahun ini produksi ke-rapu hidup Perindo masih berkisar ratusan kilogram.

Seiring dengan penambah-an KJA Perum Perindo, pada 2017 produksi kerapu hidup maupun ikan hidup premium lainnya ditargetkan akan meningkat hingga ribuan ton.

"Target itu kami buat karena kami menambah KJA di Bali dan lokasi lain seperti Sabang, Padang, Kepri, hingga Ambon.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More