Serunya Hari Anak Jakarta Membaca

Penulis: (Suryani Wandari/M-1) Pada: Minggu, 27 Nov 2016, 02:40 WIB Weekend
Serunya Hari Anak Jakarta Membaca

DOK HANJABA

RATUSAN tamu undangan dan peserta lomba sudah menempati Aula Serbaguna Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (11/8), dalam pembukaan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) 2016. Kegiatan itu diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 2006. Pelaksananya Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta. Hanjaba dibuka Wali Kota Jakarta Pusat, Bapak Mangara Pardede, dan dimeriahkan penampilan tarian selamat datang, tarian Si Pitung dan tari Simsim.

Lomba
Kecintaan anak-anak pada tradisi literasi dipupuk melalui kegiatan yang sarat informasi, pendidikan, dan hiburan. Nah hari ini kamu sudah membaca belum sobat? Tak hanya membaca, pada kegiatan dua hari ini dilaksanakan juga aneka lomba untuk pelajar SD hingga SMA, mulai mewarnai sampul buku, bercerita, membuat komik, menulis resensi buku, dan membuat blog untuk masyarakat serta mahasiswa. Kegiatan lomba berjenjang di lima wilayah Kota DKI Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Para pemenang perwakilan juara I, II, dan III dari setiap kategori lomba maju ke tingkat Provinsi. “Dari SDN Kebon Kacang 01 Jakarta ada 2 orang yang ikut. Mereka mengaku senang karena bisa menambah pengalaman menggambar kover buku,” kata Bu Rosmalina, Kepala Sekolah Kebon Kacang 01 Jakarta. Tak hanya itu, Hanjaba Tingkat Provinsi DKI Jakarta juga memberikan kesempatan kepada anak-anak berkebutuhan khusus dan anak-anak panti asuhan binaan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Mereka mengikuti lomba nonberjenjang untuk memeriahkan acara, seperti lomba mewarnai, menggambar, membaca puisi, dan menulis pantun. Ibu Teti Dinar Mulyawati, Kepala SD Negeri Kebon Melati 03 Pagi, mengungkapkan banyak pelajaran yang bisa siswa dapatkan. “Pelajaran yang bisa didapat dari lomba bercerita selain berani tampil, mereka belajar merangkai kata dan menuangkan semua pengalaman pribadi dengan spontan lewat tulisan dan bahasanya sendiri,” kata Ibu Teti.

Perayaan puncak Hanjaba itu dilaksanakan pada Sabtu (17/9) sekaligus pengumuman pemenang serta penyerahan hadiah oleh Bapak Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Selain pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba, acara dimeriahkan Pameran Filateli dan Wisata Balai Kota. Cinta buku, suka membaca! (Suryani Wandari/M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More