Babel Ingin Lepaskan Dari Bank Sumsel Babel

Penulis: Rendy Ferdiansyah Pada: Jumat, 07 Okt 2016, 15:18 WIB Nusantara
Babel Ingin Lepaskan Dari Bank Sumsel Babel

ANTARA

GUBERNUR Provinsi Bangka Belitung. Rustam Effendi mengaku sudah selayaknya Provinsi Bangka Belitung mempunyai Bank daerah sendiri tidak bergantung dengan Bank Sumsel Babel.

"Sudah selayaknya Provinsi kita ini memiliki Bank daerah sendiri, makanya kita targetkan tahun 2018 kita target selesai,"kata Rustam Usai Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan terhadap 6 Raperda di Gedung DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Alasan kenapa hingga sekarang Babel belum mendirikan Bank. Dijelaskannya lantaran untuk mendirikan Bank daerah dari awal harus mempunyai uang jaminan ke BI sebesar Rp6 triliun. Hal ini tentu saja tidak memungkinkan, uang dari mana.

"Kalau mau buat Bank daerah dari awal kita harus punya uang jaminan ke BI Rp6 triliun, itu tidak mungkin dari mana uangnya,"ucap Rustam.

Sedangkan dengan cara akusisi lanjutnya Babel harus memberikan uang jaminan ke BI sebesar Rp1,5 tiliun ini juga tidak mungkin, nah yang paling memungkinkan kita mengalihkan bank Syariah Babel menjadi Bank umum, sebab jaminanya hanya Rp500 juta hingga Rp600 juta.

"Yang paling memungkinkan kita akan merubah bank kita yang sudah ada yaitu Bank Syariah Babel menjadi Bank umum dengan jaminan Rp500 juta hingga Rp600 juta," tutur Rustam.

Hal ini menurut Rustam akan di bicarakan nanti bersama 7 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Bangka Belitung."akan kita bicarakan bersama tujuh kabupaten/kota ya mudah-mudahan tahun 2018 kita sudah ada Bank sendiri," yakinnya.

Dia menambahkan penetapan Petinggi Bank Sumsel Babel sebagai tersangka dugaan korupsi oleh Kejati Babel tidak mempengaruh terhadap raperda penyertaan modal sebesar Rp5 miliar ke Bank Sumsel Babel.

"Masalah hukum oleh Kejati itu tidak ada sangkut paautnya terhadap pembahasan Raperda penyertaan modal hari ini ke Bank Sumsel Babel Rp5 miliar," terangnya.

Sampai saat ini di akui Rustam Pemprov Babel sudah menyertai modal di Bank Sumsel Babel sebanyak Rp40 miliar lebih. Tapi kalau di tambah 7 kabupaten/kota penyertaan modal melebihi itu.

"Kalau saya tidak salah kita sudah menyertai modal di Bank Sumsel Babel Rp40 miliar lebih di luar kabupaten/kota di Provinsi Babel," pungkas Rustam.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More