YCAB Rayakan Ultah ke-17

Penulis: Sri Purwandhari Pada: Selasa, 16 Agu 2016, 19:18 WIB Humaniora
YCAB Rayakan Ultah ke-17

MI/Sri Purwandhari

FOUNDER & CEO YCAB Foundation Veronica Colondam mengingatkan jika sebelum kemerdekaan, musuh bersama adalah penjajah, maka saat ini musuh kita adalah kebodohan dan kemiskinan

"Kini, tantangan kita ada tiga K. Pertama adalah kemerdekaan, artinya bisa mandiri. K yang kedua adalah kolaborasi. Kita tidak bisa mengerjakan semuanya sendiri, perlu kolaborasi. Lalu yang ketiga adalah kebajikan yang harus terus ditebarkan," ujarnya saat merayakan ulang tahun (ultah) ke-17 Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation di Rumah Belajar Duri Kepa, Selasa (15/8).

Sejak berdiri tahun 1999, YCAB sudah memberikan dampak kepada lebih dari 3 juta anak muda Indonesia. YCAB menjangkau anak muda usia 10-24 tahun melalui tiga program yang fokus pada kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi. Dengan semua kebajikan yang sudah dilakukan oleh YCAB, maka wajarlah jika tahun ini, YCAB mendapat peringkat ke-49 di TOP 500 NGOs dan merupakan satu-satunya NGO asal Indonesia yang berada di TOP 50.

Bak gadis yang sedang mekar, ultah ke-17 layak dirayakan dengan meriah. Untuk menandai pencapaian angka 17, maka ada serangkaian kegiatan yang diselenggarakan sepanjang Agustus hingga September. Satu diantaranya adalah lomba Agustusan yang diikuti oleh staf YCAB Foundation dan siswa rumah belajar.

Selain itu, ada 17 penghargaan yang diberikan, antara lain kepada guru rumah belajar yang berprestasi, siswa berprestasi, officer, dan ibu-ibu koperasi. Bahkan Veronica juga memberikan penghargaan kepada Unilever, Samsung, PT Kao Indonesia, dan Microsoft yang senantiasa memberikan dukungan pada YCAB Foundation sejak lama.

"Kami berharap bisa membantu lebih banyak anak di Indonesia, sebab setiap tahun kira-kira ada 2 juta anak putus sekolah. Kami tidak bisa membantu semuanya. Padahal tanpa pendidikan adalah salah satu penyebab kemiskinan. Oleh karena itu, kami memiliki program Paket A, Paket B, dan Paket C. Selain itu, kami melengkapi dengan berbagai kursus, antara lain kursus komputer, bahasa Inggris, menjahit, dan membatik," ungkap Veronica.

"Saat ini, sudah ada 77 Rumah Belajar, antara lain di Jakarta, Pekalongan, Banyuwangi, dan Bali. Namun, kami akan terus menambah jumlah Rumah Belajar, agar bisa membantu lebih banyak anak muda," lanjutnya ramah.

Puncak rangkaian perayaan ultah YCAB akan ditandai dengan peluncuran buku yang berisi 17 kisah inspirasi dari penerima manfaat program YCAB. "Buku tersebut akan diluncurkan bulan September, berbarengan dengan acara tahunan YCAB: Angel of Change," kata Veronica.(X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More