15 Menit Tiap Hari

Penulis: */M-3 Pada: Minggu, 19 Jun 2016, 04:21 WIB Rehat
15 Menit Tiap Hari

ANTARA/Agus Bebeng

USIA memang bukan alasan untuk tidak berolahraga. Berapa pun usia kita, olahraga setiap hari ialah hal penting untuk menjaga metabolisme dan berbagai fungsi tubuh.

Untuk para manula, olahraga 15 menit setiap hari saja ternyata sudah bisa memberikan efek pada kesehatan. Hal inilah yang diungkap dari penelitian yang dilakukan dr David Hupin dari Department of Departemen Klinis dan Pelatihan Fisiologi dari University Hospital of Saint-Etienne, Prancis.

Penelitiannya mengungkapkan aktivitas fisik selama 15 menit tiap hari dapat membantu menurunkan risiko kematian sebesar 22% pada orang di usia paruh baya. Penelitian dilakukan dengan mengamati 1.011 orang berusia 65 tahun. Pengamatan dilakukan selama 12 tahun sejak 2001.

Pengamatan kemudian juga dilakukan pada lebih dari 122 ribu orang berusia 60 tahun selama kurun waktu 10 tahun.

Peneliti melihat risiko kematian berkurang seiring dengan meningkatnya aktivitas fisik. "Kami menemukan bahwa tingkat olahraga yang rendah, yakni setengah dari level yang direkomendasikan, berhasil mengurangi risiko kematian 22% dibanding pada manula yang tidak berolahraga," kata Hupin seperti dilansir Science Daily, Kamis (14/6). Bentuk olahraga ringan tersebut adalah dengan berjalan kaki. Meski begitu, Hupin juga mendorong para manula dapat beraktivitas lebih banyak. Dengan begitu, diharapkan risiko kematian akan berkurang lebih besar.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More