Idola Baru Publik Les Bleus

Penulis: (AFP/Rul/R-3) Pada: Jumat, 17 Jun 2016, 03:50 WIB Sepak Bola
Idola Baru Publik Les Bleus

AFP PHOTO / FRANCK FIFE

SAAT bintang-bintang seperti Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic belum bersinar di Euro 2016, penyerang timnas Prancis Dimitri Payet justru kian menebar pesona di ajang Piala Eropa kali ini. Berkat kontribusinya yang luar biasa, Prancis menjadi tim pertama yang dipastikan lolos ke babak 16 besar. Kepastian Les Bleus melenggang ke babak selanjutnya didapat dari hasil kemenangan 2-0 atas Albania. Gol kemenangan dicetak Antoine Griezmann dan gol telat Payet di penghujung laga (90'+6). Sebelumnya, Payet juga berperan besar atas kemenangan Prancis atas Rumania yang berakhir dengan kedudukan 2-1. Pada laga itu, Payet mencetak 1 gol dan membuat 1 assist yang dapat dituntaskan striker Olivier Giroud.

Artinya Payet tidak pernah absen menceploskan gol ke gawang lawan sepanjang kepesertaan Prancis di Piala Eropa 2016. Kini dia memimpin daftar top scorer bersama dengan pemain depan Rumania, Bogdan Stancu. Tentu ini raihan yang luar biasa dari seorang pemain yang tadinya tersingkir dari seleksi timnas Prancis di Piala Dunia 2014. Tidak hanya berhasil bertengger di daftar top scorer sementara, pemain bertinggi badan 174 cm itu juga berhasil menciptakan sejumlah rekor. Payet ialah pemain pertama yang mencetak gol dan assists di partai pembukaan Piala Eropa, sejak dilakukan pemain Cekoslowakia, Frantisek Vesely, di Piala Eropa 1976. Selain itu, Payet juga pemain Prancis pertama yang membuat gol dan assist di pertandingan Piala Eropa sejak dicatatkan David Trezeguet di final Euro 2000.

Penggawa West Ham United itu bahkan kini mendekati rekor menciptakan peluang yang pernah dicatat Zinedine Zidane. Hanya dalam dua pertandingan, Payet telah menciptakan 14 peluang untuk rekan setim. Sementara itu, Zidane menciptakan 15 peluang sepanjang turnamen yang sama pada 2004. "Saya tengah menikmati permainan. Keberhasilan ini berkat usaha dan kerja keras bersama," sebut pemain kelahiran Saint-Pierre, Reunion, itu. Payet patut berterima kasih kepada pelatih Didier Deschamps yang memberikan kesempatan baginya untuk bergabung dengan tim berjuluk 'Ayam Jantan' itu. Kini Payet menjelma menjadi idola baru bagi publik Les Bleus.

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More