Tiga Tersangka Penipuan Kartu Kredit Ditangkap

Penulis: Arga Sumantri Pada: Sabtu, 28 Mei 2016, 17:40 WIB Megapolitan
no-image.jpg

TIM Opsnal Unit 2 Subdit 4 Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap tiga tersangka kasus penipuan kartu kredit. Ketiganya ditahan pada Sabtu (28/5) dini hari.

Kanit 2 Subdit 4 Jatanras Diterskrimum Polda Metro Jaya Kompol Ari Cahyadi mengatakan ketiga penipu kartu kredit yang ditangkap yakni Amir Sudewo, 32, Efrimen Riko, 30, dan Roki Karya. Ketiganya ditangkap di kawasan Depok.

Ari menyebut penangkapan bermula atas laporan seorang korban yang tertipu ketiga tersangka pada 16 April lalu.

Mulanya, kata Ari, tersangka menghubungi korbannya dengan maksud menawarkan kartu kredit agar dibebaskan iuran tahunan atau dinaikkan limitnya sebesar 50%.

"Apabila korban menyetujui, tersangka mendatangi korban di kantor atau di rumah korban dan mengambil kartu kredit korban yg telah dijanjikan limitnya sebesar 50%," kata Ari dalam keterangannya, Sabtu (28/5).

Setelah berhasil mendapat kartu kredit korban, tersangka justru menguras uang yang ada di kartu kredit. Caranya dengan melakukan gesek tunai.

"Ketiga tersangka ini tinggal di kawasan Beji, Depok," tambah Ari.

Dari tangan tiga pelaku, polisi menyita satu lembar surat jalan dari bank BCA, tiga ponsel, dan 100 lembar data calon korbannya.

Atas perbuatan mereka, polisi menjerat para tersangka dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan. Para tersangka terancam hukuman penjara paling lama empat tahun.

Ari belum merinci berapa jumlah uang uang yang dikuras para pelaku dari korbannya. Polisi masih mengembangkan kasus ini dan mengejar sindikat lainnya. (MTVN/OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More