Pasukan Orange Bersih-bersih Kawasan Kalijodo

Penulis: Sri Cahya Lestari Pada: Rabu, 02 Mar 2016, 14:30 WIB Megapolitan
Pasukan Orange Bersih-bersih Kawasan Kalijodo

MI/PANCA SYURKANI

PASCAeksekusi pembongkaran Kalijodo, yang berada di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, dan Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, puluhan petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) melakukan aksi bersih bersih.

Sejak tadi pagi, puluhan pasukan orange itu menyapu sampah-sampah dan barang-barang yang terserak di sisa sisa reruntuhan kawasan Kalijodo. Sedikitnya ada sekitar 40 PPSU yang ditugaskan di kawasan itu."Sejak tadi pagi kita bersih bersih,"ujar Sriwidodo,45, salah seorang petugas PPSU.

Dengan menggunakan dua gerobak motor dan dua truk sampah, sampah diangkut dari wilayah kawasan Kalijodo tersebut. Pasukan orange itu menyusuri seluruh wilayah Kalijodo bagian barat maupun wilayah bagian utara.

Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara Slamet Riadi menjelaskan sampah-sampah bangunan tersebut akan dibuang ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Sampah bangunan itu di antaranya potongan asbes, kayu, dan perkakas rumah tangga.

"Hanya sampah-sampahnya saja yang kita buang," papar Slamet saat dihubungi, Rabu (2/3).

Sementara itu, ungkap Slamet, puing-puing bangunan akan diratakan untuk pondasi pembangunan taman. "Jadi, puing-puing bangunan tidak akan dibuang, tapi diratakan dan ditimpa tanah untuk bangun taman," papar Slamet.

Pantauan Media Indonesia, sepuluh eskavator masih sibuk beroperasi meratakan kawasan Kalijodo. Kawasan Kalijodo masih dipasangi garis polisi. Masyarakat dilarang masuk ke kawasan Kalijodo yang sudah berdiri sejak 1970-an itu. Namun, tampak puluhan pemulung nekat memasuki kawasan Kalijodo untuk mengambil besi-besi sisa reruntuhan bangunan untuk dijual.

Di sisi lain, sejumlah warga dan pengendara motor yang melewati akses jalan menuju Kalijodo menonton beberapa alat berat yang masih beroperasi meratakan sisa-sisa bangunan." Abis nggak nyangka kawasan yang udah lama berdiri ini bisa digusur, kawasan yang dulunya terkenal banyak preman," ujar salah seorang pengendara motor saat ditemui Media Indonesia.

Pemprov DKI Jakarta melakukan eksekusi pembongkaran Kawasan Kalijodo pada Senin(29/2). (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More