Unggul Dua Digit, CSIS: Jokowi Dapat Mandat Lebih Besar dari 2014

Penulis: Dero Iqbal Mahendra Pada: Rabu, 17 Apr 2019, 21:03 WIB Politik dan Hukum
Unggul Dua Digit, CSIS: Jokowi Dapat Mandat Lebih Besar dari 2014

MI/Adam Dwi
Direktur Eksekutif CSIS Philip J. Vermonte

HITUNG cepat (quick count) yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) bekerja sama dengan Cyrus Networkd menunjukkan keunggulan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Direktur Eksekutif CSIS Philip J. Vermonte mengatakan, keunggulan Paslon nomor urut 01 atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu pun terlihat tebal dengan selisih hingga dua digit.

"Posisi data tidak akan berubah banyak karena tingkat randomnya sudah hampir 100%. Jadi boleh dibilang hasilnya diatas 10% selisihnya. Dibandingkan hasil pilpres 2014 ketika itu yang selisih 6% dapat dikatakan berdasarkan quick count ini mendapat mandat yang lebih besar dibndingkan pemilihan 2014," tutur Vermonte di Kantor CSIS Jakarta, Rabu (17/4).

Baca juga : 1.395 TPS. Bakal Lakukan Pemungutan Suara Susulan

Atas keunggulan tersebut Vermonte mengucapkan selamat kepada pasangan capres dan cawapres nomer urut 01 yang mengungguli pasangan nomer urut 02. Dirinya berharap pasca pemilu ini situasi politik Indonesia kembali menjadi normal.

Menurutnya pihak pemenang seharusnya menghormati suara yang tidak memilihnya dan yang kalah menghormati hasil dan kepercayaan yang diberikan kepada pihak yang menang.

"Dengan begitu semoga kita bisa melanjutkan kehidupan pilitik yang lima tahun kedepan program program bisa dilanjutkan," tutur Vermonte.

Sebagaimana diketahui quick count yang dilakukan oleh CSIS di seluruh Indonesia dengan metode quick count yang sudah establish dengan margin of error 1% dan melibatkan sampling 2.002 TPS.

Berdasarkan data akses pukul 20.20 WIB Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 55,6% dan pasangan Prabowo-Sandi 44,4%. Data masuk sendiri sudah sebesar 96% dengan kualitas random 99,9%. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More