Ekonom: Gelagat Investor Asing Harap Jokowi Menang Pilpres

Penulis: Atalya Puspa Pada: Rabu, 17 Apr 2019, 21:10 WIB Ekonomi
 Ekonom: Gelagat Investor Asing Harap Jokowi Menang Pilpres

ANTARA FOTO/HO/Sukma/ama/17
Ekonom Bank Permata Josua Pardede

BERDASARKAN hasil hitung cepat (quick count) dari berbagai lembaga survei kredibel, hingga Rabu (17/4) malam ini pasangan Jokowi - Ma'ruf unggul atas Prabowo - Sandi.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyatakan, berdasarkan hal tersebut, pelaku pasar khususnya investor asing cenderung mengapresiasi hasil itu mengingat sesuai dengan harapan dan ekspektasi.

"Investor berharap keberlangsungan bisnis dan investasi dari berlanjutnya incumbent sebagai presiden untuk 5 tahun mendatang," kata Josua kepada Media Indonesia, Rabu (17/4).

Josua menyatakan, investor mengapresiasi reformasi struktural serta deregulasi kebijakan ekonomi yang akan berdampak positif bagi keberlanjutan perekonomian Indonesia dalam jangka menengah-panjang.

 

Baca juga: Kemenangan Jokowi akan Pengaruhi Pelaku Pasar

 

Optimisme kemenangan incumbent tersebut tercermin dari nilai tukar NDF USD/IDR yang diperdagangkan di pasar offshore yang menunjukkan tren penurunan. Artinya rupiah berpotensi menguat pada perdagangan besok meskipun volume perdagangan cenderung tipis mengingat efektif perdagangan tersisa besok.

Mengingat sentimen eksternal juga turut mendukung penguatan rupiah dimana pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada 1Q19 yang masih sedikit lebih tinggi dari perkiraan," ucapnya.

Dengan demikian, Josua menyatakan nilai tukar rupiah pada pasar domestik diperkirakan menguat hingga ke level 13.950-14.100 dalam jangka pendek. (A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More