Ada 744 TPS di Kota Jayapura Belum Pencoblosan

Penulis: Marcel Kelen Pada: Rabu, 17 Apr 2019, 18:03 WIB Politik dan Hukum
Ada 744 TPS di Kota Jayapura Belum Pencoblosan

MI/Bayu Anggoro
Hingga kini ada 744 TPS di Kota Jayapura belum melakukan pencoblosan

KINERJA KPU Kota Jayapura dalam Pemilu serentak 2019 mengecewakan. Ada dua distrik di Kota Jayapura hingga kini belum melakukan pencoblosan.
Seperti di Distrik Abepura dan Jayapura Selatan, Kota Jayapura hingga kini belum melakukan pencoblosan surat suara. Total ada 744 TPS di dua distrik itu yang belum melakukan pencoblosan. Alasan yang dikemukakan KPU adanya keterlambatan logistik.
Di Kelurahan Argapura Distrik Jayapura Selatan misalnya, hingga pukul 10.00 WIT sebagian besar TPS belum ada kotak suara. Dari pantauan wartawan, semua logistik baru dikirim ke kantor kelurahan dan petugas masih melakukan pendataan kotak suara.

"Ini barang mo selesai jam berapa? Kalau kotak suara baru tiba di kantor lurah," kata  Marthina, warga kelurahan Argapura.

Ketua KPPS TPS 043 Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Matias Wiran juga mengaku kecewa atas keterlambatan pendistribusian logistik
tersebut. Ia menjelaskan, dengan keterlambatan logistik tentunya akan mempengaruhi waktu pencoblosan.

"Ya, kalau pencoblosan dimulai pukul 13.00 WIT tentunya berpengaruh. Kami akan membuka waktu pencoblosan sekitar 2-3 jam kemudian ditutup karena waktu sudah pukul 15.00 WIT," terangnya.

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano pun berang. Ia mengaku sangat kecewa dengan kinerja KPU Kota Jayapura dan menuntut lembaga penyelenggara Pemilu itu bertanggungjawab atas kejadian batalnya sejumlah pencoblosan hari ini.

"Pemerintah Kota Jayapura sudah menganggarkan Rp6,5 miliar sebagai dana hibah ke KPU Kota, kontribusi ini sangat besar. Kita sudah lakukan doa dan dzikir bersama untuk suksesnya Pemilu di kota ini. Tapi kok kinerja KPU begini. Saya merasa malu karena kota ini barometer sukses tidaknya Pemilu di Papua," kata Wali Kota saat meninjau pelaksanaan pencoblosan di Distrik Muara Tami, Rabu (17/4).

Menanggapi hal itu, Komisoner Bawaslu Papua Ronald Manoah berjanji akan menginvestigasi penundaan pemilu serentak di dua distrik terdepan di
Ibukota Provinsi Papua itu. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More