Inflasi Inggris Relatif Stabil di Tengah Ketidakpastian Brexit

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Rabu, 17 Apr 2019, 19:00 WIB Internasional
Inflasi Inggris Relatif Stabil di Tengah Ketidakpastian Brexit

(Photo by Adrian DENNIS / AFP)
ilustrasi bank sentral inggris

TINGKAT inflasi Inggris periode Maret tercatat stabil. Data resmi tersebut mengurangi tekanan Bank Sentral Inggris untuk menaikkan suku bunga acuan di tengah ketidakpastian Brexit.

Kantor Statistik Nasional (ONS) menyatakan indeks harga konsumen (ICP) yang menjadi parameter harga komoditas utama mencapai 1,9% sepanjang Maret 2019. Realisasi periode tersebut tidak jauh berbeda dengan Februari lalu. Akan tetapi, tingkat inflase Maret 2019 di bawah ekspektasi pasar sekitar 2%, maupun target Bank Sentral Inggris.

Harga bahan bakar kendaraan yang melonjak naik pada bulan lalu, diimbangi dengan penurunan harga makanan dan permainan komputer.

"Kondisi ini membuat pekerjaan Bank Sentral Inggris lebih mudah. Karena tidak ada tekanan untuk meningkatkan suku bunga acuan yang dihantui ketidakpastian Brexit," ujar ekonom dari Hargreaves lansdown, Ben Brettell.

Baca juga: Uni Eropa Diyakini Setuju Penundaan Brexit

Inflasi CPI mencapai titik terendah dalam dua terakhir pada Januari 2019 yakni 1,8%. Tingkat inflasi itu jauh di bawah target yang ditetapkan Bank Sentral Inggris.(AFP/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More