Hasil Pemilu Besok Akan Pengaruhi Nilai Tukar Rupiah

Penulis: Atalya Puspa Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 14:45 WIB Ekonomi
Hasil Pemilu Besok Akan Pengaruhi Nilai Tukar Rupiah

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Nilai tukar rupiah.

EKONOM Bank Permata Josua Pardede menyatakan hasil dari pemilihan umum (pemilu) yang akan berlangsung Rabu (17/4) besok akan sangat memengaruhi nilai tukar rupiah.

"Jika hasil pemilu legislatif dan pemilu presiden sesuai dengan preferensi pelaku pasar, maka nilai tukar rupiah diperkirakan berpotensi menguat terbatas pada hari Kamis mendatang," kata Josua kepada Media Indonesia, Selasa (16/4).

Baca juga: Dorong Gunakan Hak Pilih, Kuaci Rebo Kampanye #SaatnyaReboMemilih

Josua menuturkan, yang paling utama yakni pelaku pasar mengharapkan pemimpin terpilih untuk menerapkan kebijakan yang ekonomi mendorong stabilitas perekonomian dan pasar keuangan pada pemerintah periode 2019-2024 mendatang.

Hari ini, satu hari menjelang pemilu, kondisi rupiah cenderung stabil dan bergerak terbatas. Dibuka pada angka 14.060 per dolar Amerika Serikat (AS).

Josua mengatakan kondisi rupiah tersebut dipengaruhi oleh pelaku pasar yang masih menantikan hasil pemilu yang akan digelar besok.

"Pelaku pasar berharap pemilu dapat berjalan aman dan kondusif. Apapun hasil pemilu nanti dapat diterima oleh semua peserta pemilu sehingga tetap menjaga stabilitas politik dan keamanan," kata Josua.

Baca juga: Ekonomi Global Melambat, Pemerintah Diminta Genjot Manufaktur

Dari dalam negeri, rupiah juga masih ditopang sentimen positif pascasurplus neraca perdagangan bulan Maret yang dirilis BPS kemarin.

Namun, sentimen positif dari pemilu dalam negeri masih akan bergantung dari sentimen eksternal yang masih akan berpengaruh seperti negosiasi dagang antara AS-Tiongkok, proses Brexit dan kekhawatiran perlambatan ekonomi global. Sehingga, rupiah berpotensi bergerak di rentang 14.000-14.150 dalam jangka pendek ini. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More