Waspadai El Nino, Debit Air Waduk Harus Dipantau

Penulis: Siswantini Suryandari Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 12:34 WIB Nusantara
Waspadai El Nino, Debit Air Waduk Harus Dipantau

MI/Ramdani
Memasuki musim kemarau, debit air waduk perlu dicek.

KEPALA Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BBMTMC-BPPT) Tri Handoko Seto menghimbau pemilik waduk segera memantau kecukupan air waduk, saat memasuki musim kemarau tahun ini.
Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), awal musim kemarau 2019 diprakirakan mulai April ini. Tahun ini diprediksi Indonesia akan menghadapi fenomena El Nino sebesar 55%-60%. Kemudian pada periode Juli-September 2019, iklim diperkirakan lebih kering. Akibatnya 25,5% wilayah berpotensi mengalami musim kemarau lebih maju, sedangkan 24% wilayah berpotensi mengalami musim kemarau di atas normal.
"El Nino terjadi bersamaam dengan puncak musim hujan, Maka dampaknya tidak kelihatan. Namun tetap perlu diantisipasi mulai sekarang. Para penentu kebijakan apapun yang terkait dengan hujan seperti pengelola waduk, kebakaran hutan, dan pertanian harus bersiap-siap," kata Tri Handoko Seto di Jakarta, Selasa (16/4).
Khususnya pengelola waduk perlu mengkalkulasi tinggi meter air saat ini dengan prediksi BMKG, dan berakhirnya musim hujan. "Biasanya tiap daerah bervariasi tetapi secara umum April dan Mei sudah mulai berkurang. Kemudian, apakah cadangan air waduknya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama musim kemarau yang diprediksi tahun ini akan lebih kering," tambahnya.

baca juga : Eceng Gondok Hama bagi Waduk Jatiluhur
Jika hasil perhitungan ternyata diperkirakan tidak memenuhi kebutuhan selama musim kemarau,maka bisa dilakukan penambahan curah hujan. "Melalui teknologi modifikasi cuaca untuk mengisi waduk, untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air (PLTA), maupun pertanian," sarannya.
Saat ini ada belasan waduk yang benar-benar harus dicek terutama waduk-waduk besar. Diantaranya waduk Jatiluhur di Jawa Barat, waduk Karangkates di wilayah Malang, Jawa Timur, waduk Sigura-gura di wilayah Sumatera Utara,waduk Batutegi di wilayah Lampung. waduk Gajah Mungkur Jawa Tengah, waduk Wonorejodi di Tulungagung, Jawa Timur, dan  waduk Riam Kanan di Kalimantan Selatan. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More