Trump Himpun Dana Kampanye US$ 30 Juta Pada Kuartal I 2019

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Senin, 15 Apr 2019, 14:40 WIB Internasional
Trump Himpun Dana Kampanye US$ 30 Juta Pada Kuartal I 2019

Don Emmert / AFP
Bernie Sanders

PRESIDEN Amerika Serikat (AS), Donald Trump, berhasil mengumpulkan dana kampanye untuk pemilihan umum (pemilu) 2020, sebesar US$ 30 juta pada kuartal I 2019. Capaian itu melampaui total anggaran yang diajukan kandidat Partai Republik untuk periode serupa.

Hasil tangkapan Trump pada kuartal pertama, menunjukkan para donatur Partai Republik bersedia mengucurkan dana untuk memuluskan langkah Trump. Sebelumnya, langkah pemimpin kontroversial maju dalam kontestasi politik, dikhawatirkan terganjal dukungan dana kampanye.

Baca juga: PM Terpilih Palestina Umumkan Kabinet Baru

Senator dari Partai Demokrat, Bernie Sanders dan Kamala Harris, sejauh ini telah menggalang dana kampanye periode kuartal I 2019 masing-masing sebesar US$ 18,2 juta dan US$ 12 juta. Program kampanye Sanders diketahui menerima rata-rata sumbangan US$ 20 sepanjang kuartal pertama.

Adapun, rata-rata sumbangan dalam kampanye Trump untuk periode yang sama adalah US$ 34,26. Hampir 99% dari donasinya berkisar US$ 200. Komite Nasional Republik (RNC) menghasilkan dana kampanye US$ 45,8 juta pada kuartal pertama. Program kampanye Trump berfokus mengimpun dana di luar RNC, yang disebut sebagai upaya kemenangan Trump.(Channelnewsasi/OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More