Anestesi Bisa Hapus Memori Buruk

Penulis: Independent/Tes/X-10 Pada: Selasa, 26 Mar 2019, 07:45 WIB Humaniora
Anestesi Bisa Hapus Memori Buruk

Duta
Ilustrasi Otak Manusia

PENELITIAN terbaru menunjukkan ingatan buruk atau rasa takut berlebihan yang di-alami seseorang bisa diatasi dengan memanfaatkan efek anestesi dari obat propofol.

Penelitian ini mematahkan asumsi ilmuwan sebelumnya yang beranggapan ingatan yang terbentuk dalam pikiran seseorang cenderung sulit dihilangkan.

Untuk menguji pemikiran tersebut, tim peneliti meminta 50 partisipan untuk menonton tayangan mengenai kisah-kisah emosional. Seminggu kemudian, mereka disuntik propofol dan sempat diperlihatkan tayangan serupa. Namun, saat diminta menceritakan kisah buruk yang dilihat dalam 24 jam terakhir, mayoritas partisipan tidak dapat mengingatnya.

"Efek propofol sangat selektif terhadap komponen emosional yang ada dalam pikiran manusia. Apabila ingatan tidak menyenangkan dapat diisolasi, mungkin fobia juga bisa diatasi dengan cara tersebut," ujar Bryan Strange dari Universistas Politeknik Madrid, Spanyol.(Independent/Tes/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More