Mantan Presiden Brasil Dibebaskan dari Penjara

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Selasa, 26 Mar 2019, 07:33 WIB Internasional
Mantan Presiden Brasil Dibebaskan dari Penjara

AFP/MAURO PIMENTEL
Mantan Presiden Brasil Michel Temer (kanan) meninggalkan kantor polisi di Rio de Janeiro

MANTAN Presiden Brasil yang dituding memimpin jaringan korupsi Michel Temer, Senin (25/3), dibebaskan dari penjara setelah hakim mengatakan tidak ada alasan hukum untuk penahanannya.

Temer yang dituding memimpin jaringan penggelapan uang dan pencucian uang merupakan presiden kedua Brasil yang ditangkap dalam penyelidikan antikorupsi yang telah menumbangkan sejumlah tokoh politik dan petinggi perusahaan besar.

Pendahulu Presiden Jair Bolsonaro itu ditangkap pada Kamis (21/3) di Sao Paulo dan ditahan di Rio de Janeiro. Penahanan itu kemudian dibatalkan oleh Hakim Antonio Ivan Athie dengan alasan tidak ada alasan hukum.

Baca juga: Kirchner Kembali Didakwa Korupsi

Athie juga memerintahkan dibebaskannya mantan Menteri Tambang dan Energi Moreira Franco dan sejumlah orang yang ditahan bersama Terner.

"Saya tidak menentang penyelidikan antikorupsi," ujar Athie mengenai keputusannya.

"Saya ingin melihat negara kita bebas dari korupsi. Namun, tanpa dasar hukum yang melindungi semua warga, tidak ada asalan untuk penahanan ini," imbuhnya.

Jaksa Brasil mengatakan akan mengajukan banding atas keputusan Athie tersebut. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More