Hidup Sehat dan Bahagia dengan Berjeda

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Senin, 25 Mar 2019, 19:50 WIB Weekend
Hidup Sehat dan Bahagia dengan Berjeda

Thinkstock
Saatnya mengambil jeda sesaat dari pekerjaan.

Pernah merasa tersandera untuk melakukan pekerjaan terus-menerus? Pernah merasa pekerjaan datang terus bertubi-tubi meskipun sudah dikerjakaan sesuai jadwal? Atau mungkin Anda merasa hidup hanya untuk mengerjakan apa yang sudah dijadwalkan? Terkadang hal itu melelahkan, karena manusia memegang istilah jangan pernah membuang kesempatan untuk pembuktian.

Jika Anda merasa kehidupan Anda seperti itu, maka tidak ada salahnya untuk menerapkan "Jeda" dalam kehidupan Anda. Dalam artikel yang Media Indonesia kutip dari Daily Mail, Senin (25/3) dijelaskan Jeda dalam hidup Anda dapat membantu Anda mengetahui ke mana arah hidup yang ingin dituju, sambil tetap melakukan pekerjaan Anda. Kita dapat lebih jelas melihat peluang yang ada di sekitar kita dibandingkan jika Anda menjalani hidup terlalu ngoyo.

Baca juga : Kiat Mengelola Stres dan Makan Tepat Waktu

Lalu bagaimana agar hidup kia berjeda? Berikut kiat-kiatnya:

1. Diam Sejenak
Ketika segala sesuatunya menjadi sulit atau tegang, cukup ambil napas dalam-dalam sebelum berbicara atau merespon sesuatu. Dengan mempraktikan hal itu selama tiga atau empat detik, Anda dapat mengubah pikiran dan suasana hati Anda. Mengambil napas mampu mengubah Anda secara fisik dan mental dan tentunya hal itu mampu untuk mengalahkan rasa terburu-buru dan panik.

2. Jangan Gegabah
Perkembangan teknologi yang cepat turut menyeret dunia pekerjaan dituntut menjadi lebih cepat pula. Misalnya telepon dari kantor yang terus berdering, email pekerjaan yang masuk, bahkan saat libur, hal itu seakan membuat Anda "gatal" untuk segera menjawab dan melupakan hari libur Anda. Maka yang Anda harus lakukan adalah berjeda dan berdiam agar pikiran Anda menjadi lebih baik sehingga dapat memberikan respon yang lebih nantinya. Pertimbangkan email yang Anda balas langsung atau panggilan telepon kantor yang ingin Anda lewati di rumah.

Pakar dan penulis teknologi, Dr Tom Chatfield, percaya kami meremehkan nilai dari tidak melakukan apa-apa. Hanya meninggalkan sesuatu, katanya, adalah filter yang kuat. Ketika Anda kembali ke sesuatu nanti, Anda membuat penilaian yang lebih baik tentang apa yang perlu dilakukan, jika ada. Jika ragu, jangan lakukan apa pun. "Jeda dan diam adalah teman yang berpikir lebih baik," katanya.

3. Berhenti di pintu depan Anda
Pola kerja yang super sibuk terkadang membuat Anda harus mengeyampingkan orang-orang tersayang. Hal itu terkadang justru menyulut pertikaian atau membuat hubungan menjadi kurang baik. Sebaiknya Anda luangkan waktu sejenak sebelum masuk rumah. Anda bisa berdiam diri di mobil saat parkir atau berdiam diri di depan pintu rumah, untuk sejenak membayangkan orang-orang terkasih Anda sebelum menemuinya dan apa arti mereka bagi hidup Anda.

4. Ambil Libur Seminggu untuk Berpikir
Bill Gates dikabarkan menerapkan hal ini 2 kali dalam setahun. Dia pergi ke daerah terpencil dan memutus kehidupan kesehariannya untuk menyendiri dan berpikir. Tetapi, siapa pun Anda, ada baiknya meluangkan waktu untuk berpikir baik untuk memikirkan masalah pekerjaan profesional maupun masalah pribadi. Dalam jeda yang dilakukan dalam waktu seminggu, Anda akan dapat mengakses jenis kesadaran yang berbeda, yang mungkin mengungkapkan selama ini langkah yang Anda ambil salah.

5. Memelihara Anjing
Jika Anda terasa sulit mendapatkan jeda dalam hidup Anda, maka Anda dapat memulainya dengan memelihara anjing. Anjing peliharaan tentunya perlu untuk diajak berjalan-jalan, dan momen berjalan-jalan antara Anda dengan anjing Anda itulah momen jeda Anda. Anda bisa sambil memikirkan banyak hal saat mengajak jalan peliharaan Anda tersebut.

6. Berpikir Sibuk adalah Kemalasan Baru
Kesibukan membuat kita terjebak melakukan hal-hal yang itu-itu saja dan minim perubahan. Dengan berjeda Anda akan berusaha untuk mereset ulang pola pikir tersebut, melupakan rutinitas yang melelahkan, dan melupakan sesuatu yang harus dikerjakan. Hal itu tentunya akan membuat Anda untuk memperbaiki pola kehidupan Anda ke depannya. (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More