Richardson Latih Anak Indonesia di Program Jr NBA Camp

Penulis: Micom Pada: Senin, 25 Mar 2019, 19:00 WIB Olahraga
Richardson Latih Anak Indonesia di Program Jr NBA Camp

Ist
Mantan pemain NBA Jason Richardson

ASOSIASI Bola Basket Amerika Serikat atau The National Basketball Association (NBA) hari ini mengumumkan program Junior (Jr) NBA Indonesia Camp. Program pengembangan generasi muda bertaraf global yang mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif kembali hadir di Tanah Air untuk tahun keenam berturut-turut.

Jr NBA Indonesia Camp akan berlangsung pada 30 Maret di Cilandak Sport Center, Jakarta, untuk anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan.

Mantan pemain NBA Jason Richardson akan hadir untuk melatih para peserta dan membantu memilih lima anak-anak laki-laki dan lima anak-anak perempuan yang akan diberi gelar Jr NBA Indonesia All-Stars 2019. Pendaftaran online Jr NBA Indonesia Camp telah dibuka di www.jrnba.asia/indonesia.

Program Jr NBA Indonesia berfokus pada peningkatan kesehatan dan gaya hidup aktif pada anak dengan mengintegrasikan olahraga basket dalam kurikulum pendidikan olahraga lokal.

Sejak diluncurkan pada 2014, program Jr NBA Indonesia telah menjangkau lebih dari 16,5 juta anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan di Tanah Air, dengan mengajarkan keterampilan dasar dan nilai-nilai utama Jr NBA, yaitu sportsmanship (sportivitas), teamwork (kerja sama tim), a positive attitude (sikap positif), dan respect (saling menghargai), atau yang disingkat menjadi (STAR).

Selain itu, program Akademi Pelatih Jr NBA (Jr NBA Coaches Academy) --program pelatihan guru dan pelatih olahraga yang didukung oleh pemerintah daerah dengan tujuan untuk mengembangkan potensi lokal dalam bermain dan menikmati olahraga basket-- telah melatih lebih dari 23.000 guru dari 18.000 sekolah di 50 kota di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Selatan, dan Yogyakarta.

"Selama enam tahun, program Jr NBA telah menyediakan pelatihan dasar mengenai olahraga basket bagi jutaan anak, orangtua, dan guru di Indonesia," ucap Jim Wong, NBA Asia Associate Vice President of Global Partnerships.

"Kami berkomitmen pada misi kami untuk mengembangkan infrastruktur dan mengajarkan olahraga basket pada lebih banyak anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan guna membantu perkembangan generasi Indonesia yang lebih sehat dan aktif," lanjut Wong.


Baca juga: Wahyu Widayat Jati Dijagokan Tukangi Timnas Bola Basket


Sementara Richardson mengaku sangat antusias dapat berpartisipasi dalam program Jr NBA di Indonesia.

"Ini sebuah program yang tidak hanya memberikan pengetahuan olahraga basket kelas dunia, tetapi juga dapat mengajarkan life skills yang berharga," ucap Richardson. "Saya menantikan kunjungan ke Jakarta dan kesempatan berkontribusi pada pengembangan atlet muda Indonesia selanjutnya," pungkasnya.

Richardson, guard dengan tinggi 1,98 meter asal Saginaw, Michigan, terpilih di urutan kelima secara keseluruhan oleh Golden State Warriors pada ajang NBA Draft 2001.

Juara dua kali NBA Slam Dunk Contest ini juga bermain untuk Charlotte Bobcats (sekarang Charlotte Hornets), Phoenix Suns, Orlando Magic dan Philadelphia 76ers, dengan rata-rata mencetak 17,1 poin, 5 rebound, 2,7 assist, dan 1,2 steal setiap pertandingan dalam 14 musim di NBA.

Program Jr NBA di Indonesia didukung oleh mitra resmi Tahir Foundation dan Window of the World, dan mitra media Vidio.com, O Channel dan IndiHome.

Tahir Foundation kembali menyediakan beasiswa bagi para pelajar dan pelatih Indonesia, sebesar US$8.000 bagi lima peserta anak dan tiga pelatih yang berpartisipasi dalam program Jr NBA Indonesia tahun ini.

Jr NBA, program olahraga basket global bagi anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan, mengajarkan keterampilan dasar dan juga nilai-nilai inti dari permainan basket di tingkat dasar sebagai upaya untuk menumbuhkan serta meningkatkan pengalaman olahraga basket generasi muda bagi para pemain, pelatih, dan orangtua.

Selama musim 2018-19, NBA berencana menjangkau lebih dari 51 juta anak di 75 negara melalui permainan antar liga (league play), program kunjungan sekolah (in-school programming), pelatihan (clinics), tes keterampilan (skills challenges), dan program outreach lainnya.  (RO/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More