Mesin Mati, Kapal Pesiar Mewah Dievakuasi

Penulis: AFP/Tes/I-1 Pada: Minggu, 24 Mar 2019, 23:45 WIB Internasional
Mesin Mati, Kapal Pesiar Mewah Dievakuasi

Frank Einar VATNE / NTB Scanpix / AFP

SEBUAH kapal pesiar yang mengalami masalah di laut lepas Norwegia sedang ditarik ke pelabuhan pada Minggu (24/3) setelah ratusan penumpang dipindahkan dengan helikopter ke tempat yang aman.

Viking Sky kehilangan tenaga pada Sabtu (23/3) siang dan terdampar di perairan sekitar 1,2 kilometer dari More og Romsdal. Kapal terempas angin dan gelombang dengan kecepatan 2 hingga 3 knot (4-5 kilometer) ke pantai berkarang. Kondisi itu membuat kru panik hingga meminta bantuan evakuasi.

Sementara itu, kepolisian menyatakan, 460 orang dari 1.373 penumpang di dalamnya telah dipindahkan lima helikopter, sebelum pengangkutan udara dihentikan untuk memungkinkan penarik dimulai.

Lusinan penumpang yang mengenakan jaket penyelamat duduk di sekitar untuk menunggu turun dari kapal. "Aku belum pernah melihat hal yang begitu menakutkan," kata Janet Jacob, yang diselamatkan.

"Saya mulai berdoa. Saya berdoa untuk keselamatan semua orang di kapal," katanya kepada saluran televisi NRK.

"Perjalanan helikopter itu mengerikan. Angin seperti tornado," tambahnya.

Akan tetapi, semuanya berakhir dengan baik untuk Ryan Flynn. "Ini ayah saya yang berusia 83 tahun yang diterbangkan dari #vikingsky," katanya.

"Kita semua keluar dari kapal dengan aman!"

The Viking Sky mengirimkan sinyal mara bahaya karena 'masalah mesin pada cuaca buruk', itu yang dicicit pusat penyelamatan sebelumnya.

Kapal itu berlayar ke selatan dari Tromso ke Stavanger ketika masalah mesin mengalami kerusakan di wilayah Hustadvika.

"Berbahaya menghadapi masalah mesin di perairan ini, yang menyembunyikan banyak terumbu," kata Kepala Operasi Polisi, Tor Andre Franck.

Bagian pantai yang dangkal, 10 mil laut, memiliki pulau-pulau kecil dan terumbu.

"Hustadvika adalah salah satu daerah maritim paling terkenal yang kita miliki," ujar seorang jurnalis yang berspesialisasi dalam pariwisata, Odd Roar Lange, kepada NRK.

Orang-orang Viking ragu-ragu untuk menjelajah ke Hustadvika, lebih memilih untuk mengangkut kapal-kapal mereka dengan darat dari satu fjord ke fjord lainnya. (AFP/Tes/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More