Jokowi: Indonesia Butuh Nahkoda Berpengalaman

Penulis: Rudy Polycarpus Pada: Sabtu, 23 Mar 2019, 21:32 WIB Politik dan Hukum
Jokowi: Indonesia Butuh Nahkoda Berpengalaman

ANTARA

CALON presiden nomor urut 01, Joko Widodo mengatakan Indonesia adalah negara besar dengan yang menghadapi tantangan berat.

Menurut Jokowi, luasnya wilayah membuat Indonesia membutuhkan pemimpin berpengalaman. "Menahkodai kapal sebesar Indonesia dengan 269 juta penduduk ini perlu nakhoda berpengalaman.

Jangan berikan kepada kita semuanya pemimpin yang coba-coba. Benar, tidak? Jangan dipikir gampang dan mudah kelola negara sebesar Indonesia," tuturnya kepada puluhan ribu pendukungnya di acara deklarasi Alumni Jogya Satukan Indonesia, di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Sabtu (23/3).

Ia bersyukur diberi kesempatan belajar mengelola pemerintahan, mulai dari tingkat wali kota, gubernur, hingga presiden. Pengalaman itu yang ditawarkannya kepada para pendukungnya dalam pemilihan presiden.

Baca juga: Jokowi Targetkan 70% Suara di Yogyakarta

Namun, yang terpenting adalah calon pemimpin Indonesia ke depan harus bisa memberikan rasa optimistis kepada masyarakat. mewanti-wanti agar jangan sampai Indonesia dipimpin oleh orang yang membawa pesimistis dan kerap menakuti rakyat.

"Katanya Indonesia akan punah. Pemimpin itu ada tantangan sebesar apapun dia harus di depan. Pemimpin ada tantangan sebesar apapun dia harus di depan. Jangan ajak rakyat pesimistis apalagi menakut-nakuti rakyat," tandas mantan Wali Kota Solo itu.

Ia kembali mengingatkan para pendukungnya untuk tetap menjaga persatuan di tengah keberagaman budaya. Perbedaan pilihan politik jangan berujung permusuhan di antara sesama anak bangsa. Kabar bohong yang meretakkan kesatuan tak boleh diberi tempat.

"Kita harus menyadari bahwa negara ini dianugerahi perbedaan. Ini yang harus disadari. Jangan sampai karena urusan politik seperti pemilihan bupati, wali kota, dan presiden, kita merasa tidak seperti saudara lagi," imbuhnya.

Stadion berkapasitas 28.000 orang itu penuh sesak. Para pendukung hadir dengan mengenakan kaos berwarna putih. Tak hanya mengacungkan jempol, para pendukung juga membawa kertas bergambar tiruan jempol berwarna merah-putih untuk memeriahkan suasana.

Sebelum memasuki stadion, Jokowi bersepeda bersama dengan Iriana dan rombongan lain. Mereka mulai mengayuh sepeda dari Bundaran Universitas Gadjah Mada. Sepanjang jalan, massa pendukungnya melambai-lambaikan tangan. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More