Menggenggam Dunia dengan Buku

Penulis: MI Pada: Minggu, 24 Mar 2019, 00:00 WIB Weekend
Menggenggam Dunia dengan Buku

MI/Ardi Teristi Hardi

KENDATI tengah disibukkan berbagai kegiatan sebagai calon legislatif (caleg), Anggi tak pernah meninggalkan hobinya yang satu ini, yakni membaca buku. Bahkan, sebagian besar waktu senggangnya dihabiskan untuk kegiatan tersebut. 

“Saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk membaca. Dalam sehari bisa satu buku habis. Kalau sudah membaca harus diselesaikan, yang lain-lain belakangan,” kata Anggi yang mengaku menyukai hampir semua jenis buku, mulai filsafat, sejarah, mitologi, bigrafi, antropologi, budaya pop, hingga cerita fiksi.

Sebagai seorang yang sangat gemar membaca, Anggi berharap kegiatan tersebut dapat membudaya di masyarakat Tanah Air walaupun ia melihat masih ada hambatan terhadap akses ke perbukuan. Bahkan, bagi teman-teman yang memiliki hambatan penglihatan, ujarnya, akses terhadap buku bacaan jauh lebih sulit. 

Menurut dia, sedari dini masyarakat harus dibiasakan, buku tidak dilihat sebagai buku pelajaran, tetapi sebagai kesempatan melihat dunia dan mengenal cakrawala pemikiran yang sangat luas.

Ia percaya, dengan senang membaca buku dari berbagai negara dan bahasa, kita tidak hanya membaca yang dituliskan, tetapi juga yang tersirat di dalam buku. 
“Buku sangat menarik buat saya. Itu seperti dunia baru yang ada dalam genggaman,” kata dia.


Lebih baik

Sosok Anggi memang memiliki ke­terbatasan fisik. Namun, bagi dia, hal tersebut bukan halangan untuk terus berusaha menjadi lebih baik. Ia ingin selalu menjadi orang yang lebih baik setiap harinya.

“Toh, hidup cuma sekali, mau buat apa lagi kalau tidak berusaha menjadi yang lebih baik? Saya cuma ingin lebih baik, tidak merepotkan orang lain, dan mandiri,” kata dia.
Ia pun dengan terbuka menerima koreksi apabila ada kesalahan. Menurut dia, koreksi atau masukan diperlukan agar dirinya bisa lebih baik. (AT/M-2)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More