Tiga Parpol Kehilangan Kursi DPRD di Lima Daerah

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Kamis, 21 Mar 2019, 20:58 WIB Politik dan Hukum
Tiga Parpol Kehilangan Kursi DPRD di Lima Daerah

. MI/BENNY BASTIANDY

KOMISIONER KPU Hasyim Asy'ari mengungkapkan dari 16 parpol nasional peserta pemilu, hanya ada lima parpol uang menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye secara lengkap. Kelimanya yakni Gerindra, PDIP, NasDem, Golkar dan Partai Demokrat. Kelimanya tercatat sudah menyerahkan LADK secara lengkap dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.

Kesebelas parpol lain yang tidak lengkap menyerahkan LADK ialah PKB, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, PBB dan PKPI. Status ketidaklengkapan LADK ini menurut Hasyim terbagi menjadi tiga kategori.

Pertama, parpol memiliki kepengurusan dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota dan mengajukan caleg DPRD. Namun, parpol tersebut tidak menyerahkan LADK hingga 10 Maret.

Baca juga: KPU Coret 11 Parpol di Sejumlah Daerah

Kedua parpol memiliki kepengurusan tingkat provinsi hingga kabupaten/ kota. Namun, parpol itu tidak mengajukan caleg DPRD dan tidak menyampaikan LADK hingga 10 Maret.

Ketiga, parpol yang tidak memiliki kepengurusan di tingkat provinsi hingga kabupaten /kota dan tidak mengajukan caleg di tingkatkan tersebut. Parpol ini juga tidak menyampaikan LADK hingga 10 Maret.

Berdasarkan tiga kategori itu, PSI, PKPI dan Partai Berkarya masuk kategori pertama. PSI tidak menyerahkan LADK di Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Sementara itu, Partai Berkarya tidak menyerahkan LADK di Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Kubu Raya. Kemudian, PKPI tidak menyerahkan LADK di Kabupaten Serdang Bedagai.

Sehingga, ketiga parpol ini terancam kehilangan kesempatan memperoleh kursi di DPRD setempat.

"Sebab, bila nanti dicoblos saat pemilu tetap sah, tapi suaranya tidak bernilai,” kata Hasyim.

Partai Perindo, PKB, PKS, PPP, Hanura, PBB dan PAN termasuk beberapa parpol yang masuk kategori kedua. Sementara itu, Partai Garuda masuk di kategori ketiga. Pasalnya partai baru tersebut tidak memiliki kepengurusan di satu provinsi di Kalimantan Utara (Kaltara).

“Kategori ini partai Garuda tidak tidak ada kepengurusan di Kalimantan utara,” pungkas Hasyim. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More