Kemenag Ingatkan Jemaah Haji Berulang Kena Visa Progresif

Penulis: Sri Utami Pada: Kamis, 21 Mar 2019, 19:30 WIB Humaniora
Kemenag Ingatkan Jemaah Haji Berulang Kena Visa Progresif

dok.mi

KASUBDIT Dokumen Haji Kementerian Agama Nasrullah Jassam menerangan tahun ini diberlakukan ketentuan baru bagi jemaah haji, yakni tarif visa progresif senilai sekitar Rp7,5 juta atau 2.000 rial. Aturan yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi ini diberlakukan bagi jemaah yang sudah pernah menunaikan ibadah haji sebelumnya.

"Ini diberlakukan bagi jamaah yang pernah berhaji sebelumnya dan dikenakan biaya visa progresif sebesar 2.000 rial sesuai data yang dikeluarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat)," ucap Nasrullah saat dihubungi, Kamis (21/3).

Lebih lanjut dikatakan Nasrullah, hingga kini jumlah jemaah yang telah melunasi ketentuan tersebut sebanyak 395 orang dari keseluruhan jemaah yang berjumlah 55.479 orang.

"Dan jumlah ini masih bertambah hari ini. Dan pembayaran bersamaan dengan pelunasan ke rekening BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) sedangkan biaya BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji)-nya tetap," imbuh Nasrullah.

Pengenaan tarif visa progresif oleh pemerintah Arab Saudi diwajibkaan bagi jemaah yang sudah berhaji mulai 2014 hingga yang terakhir di 2018. Adapun jemaah yang baru akan melaksanakan ibadah haji untuk pertama kalinya tida dikenai biaya visa. (A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More