Dunia Usaha Perlu Berperan dalam Mitigasi Bencana

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Kamis, 21 Mar 2019, 11:30 WIB Humaniora
Dunia Usaha Perlu Berperan dalam Mitigasi Bencana

MI/Dede Susianti

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta dunia usaha untuk bisa berperan lebih dalam penanggulangan bencana. Kontribusi perusahaan-perusahaan diminta tidak hanya gencar pada pascakejadian bencana namun juga mitigasi dan pencegahan.

"Semua kalangan bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana termasuk lembaga usaha. Lembaga usaha mempunyai peran yang sangat penting dalam penanggulangan bencana, karena penanggulangan bencana tidak akan maksimal tanpa andil lembaga usaha," kata Doni dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis (21/3).

BNPB, ujarnya, kini meningkatkan kemitraan antara pemerintah dan lembaga usaha dalam penanggulangan bencana. Hal itu diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman tripartit antara BNPB, Perum Perhutani, dan PT Sulotco Jaya Abadi (Kapal Api) tentang Pemanfaatan Kawasan Hutan untuk Budi Daya Tanaman Kopi Guna Mendukung Kegiatan Penanggulangan Bencana.

Penandatanganan nota kesepahaman juga dilakukan antara BNPB, Perhutani dan PT Galih Jaya tentang Penguatan Logistik dalam Penanggulangan Bencana.

Baca juga: Google Kerjasama Buat Program Sadar Bencana

Menurut Doni, peran lembaga usaha selama ini amat besar dalam penanganan bencana antara lain bantuan transportasi, komunikasi, dan logistik. Namun, ia mendorong agar lembaga usaha tidak hanya aktif pada saat terjadi bencana, tetapi juga mitigasi bencana. Hal itu bisa dilakukan sesuai bidang usaha perusahaan masing-masing.

"Pulau Jawa misalnya sudah mengalami kerusakan ekologis yang memprihatinkan sehingga kami memberikan saran salah satunya ke Perhutani untuk menjalin kerja sama dalam konservasi hutan di Jawa dan membuat program-program ekonomi yang turut memperhatikan lingkungan," ujar Doni.

Direktur Utama Perum Perhutani, Denaldy M Mauna, berpendapat dunia usaha memang perlu meningkatkan komitmen dan berkontribusi lebih dalam penanggulangan bencana. Hal itu sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan.

"Kerja sama dalam mendukung mitigasi bencana melalui pengembalian fungsi hutan baik secara ekologis maupun kemanfaataan sosial ekonomi bagi masyarakat diperlukan sebagai bentuk upaya preventif bencana," jelasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More