Kemendag Kawal Stok dan Harga Bapok Selama Ramadan-Lebaran

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Kamis, 21 Mar 2019, 11:15 WIB Ekonomi
Kemendag Kawal Stok dan Harga Bapok Selama Ramadan-Lebaran

ANTARA FOTO/Zabur Karuru

KEMENTERIAN Perdagangan berkomitmen mengawal ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok (bapok) menjelang hingga berakhirnya Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Berbagai upaya telah dilakukan sejak dini dengan harapan berbagai risiko persoalan dapat dideteksi dan dicarikan solusi terbaik. Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama seluruh pemerintah daerah dan para pelaku usaha untuk melihat dan memprediksi kecukupan stok di beberapa bulan ke depan.

"Persoalan utama pasti tumbuhnya permintaan terutama untuk bapok. Jika tidak diantisipasi segera, harga mereka pasti akan naik," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melalui keterangan resmi, Kamis (21/3).

Baca juga: Jelang Lebaran, Harga Pangan Stabil

Setelah Rakornas, selanjutnya akan dilaksanakan rapat koordinasi di daerah-daerah dan pemantauan langsung ke pasar rakyat, ritel modern, gudang Bulog dan distributor di 34 provinsi. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai pekan kedua April hingga pekan pertama Mei.

"Semua jajaran di Kemendag akan terlibat, eselon satu sampai dengan staf. Kami semua akan mengawal pasokan harga bapok ke pasar-pasar di 82 kabupaten/kota secara intensif," jelasnya.

Ia berharap, pada tahun ini, dapat mengulang kesuksesan periode Ramadan dan Lebaran tahun lalu dan tahun sebelumnya, ketika tidak ada lonjakan harga yang membuat gaduh negara.

"Untuk mengulang itu jelas dibutuhkan sinergi bersama seluruh pihak terkait dan itu akan kita lakukan lagi di tahun ini," tegas Enggartiasto.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More