Menaker Bidik Seribu BLK Tahun Ini

Penulis: MI Pada: Kamis, 21 Mar 2019, 10:15 WIB Nusantara
Menaker Bidik Seribu BLK Tahun Ini

MI/ADAM DWI

Konsep balai latihan kerja (BLK) dinilai mampu meningkatkan skill calon tenaga kerja. Untuk itu pada tahun ini, pemerintah akan membuka seribu BLK yang menyasar ke tingkat pesantren.

"Pemerintah pada tahun ini menargetkan akan melatih 526.000 orang angkatan kerja untuk peningkatan skill melalui balai latihan kerja," ungkap Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri di sela kunjungan kerjanya ke pabrik Sido Muncul, Bergas, Kabupaten Semarang, kemarin.

Dikatakan Hanif, tahun ini akan ada 1.000 balai BLK baru yang menyasar ke tingkat pondok pesantren. Melalui BLK, pemerintah akan menyiapkan angkatan kerja untuk dilatih sesuai peminatannya agar lebih siap di dunia kerja.

Terkait kesiapan tenaga kerja, Hanif mengapresiasi apa yang dilakukan produsen jamu Sido Muncul. Sebab dari sisi aturan dan hak-hak karyawan di pabrik Sido Muncul ini sudah terpenuhi semua.

Baca juga: Deddy Mizwar Ibaratkan Lippo Negara dalam Negara

Oleh karena itu, Hanif berharap perusahaan lain bisa menerapkan hal serupa dengan Sido Muncul. Pasalnya, dalam menyiapkan dan menciptakan tenaga kerja yang berkompeten, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Perlu adanya kolaborasi antara pengusaha dan pemerintah.

Dalam kesempatan sama, Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan tercatat ada 2.800 karyawan, 55% di antaranya perempuan. Ada juga 400 pekerja borongan. Selain gajinya di atas normatif, seluruh karyawan juga kami ikutkan BPJS, termasuk pemenuhan hal yang tidak normatif, seperti uang makan dan uang transpor.

Sementara itu, Kepala Dinas Permukiman Provinsi Kalteng Leonard Samuel Ampung berharap perangkat desa seperti lurah, camat, dan kepala desa di Provinsi Kalteng meningkatkan kemampuannya untuk mengetahui masalah pertanahan. "Misalnya, legalitas surat keterangan tanah (SKT ) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa harus sesuai dengan lokasi tanahnya dan diketahui oleh lurah dan camat. SDM-nya harus ditingkatkan," kata dia. (HT/SS/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More