Medaseng untuk Optimalkan Pelayanan

Penulis: MI Pada: Kamis, 21 Mar 2019, 10:05 WIB Nusantara
Medaseng untuk Optimalkan Pelayanan

MI/VOUCKE LONTAAN

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), meningkatkan pelayanan publik melalui program Medaseng. program itu bertandang langsung memberikan pelayanan ke masyarakat di desa terpencil maupun yang berdomisili di kepulauan.

"Dengan program Medaseng, masyarakat Sangihe tidak perlu lagi datang mengurus KTP-E, akta kelahiran, dan kartu keluarga di Kantor Bupati. Namun, instansi terkait yang datang langsung melayani masyarakat di desa terpencil atau yang berdomisili di kepulauan," kata Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana, kemarin.

Medaseng, diakui Jabes menjadi program unggulan Pemkab Kepulauan Sangihe. Selain berkaitan dengan tugas kependudukan dan catatan sipil, lewat program ini pemerintah melakukan pelayanan kesehatan. "Semua pelayanan ke masyarakat tidak dipungut biaya atau gratis. Dalam dua tahun terakhir sudah 19 desa di 15 kecamatan yang tersentuh dengan program Medaseng. Pokoknya, program ini terus berkesinambungan hingga tiga tahun ke depan," ujarnya.

Jabes mengatakan, program itu diterapkan karena melihat kondisi geografis wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Masyarakat bertempat tinggal di pulau-pulau dan di desa terpencil yang jaraknya jauh dari Tahuna, ibu kota Kabupaten, sebagai pusat pemerintahan.

Baca juga: Proyek KA di Sulsel Selesai Satu Segmen 

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, saat membuka kegiatan Medaseng di Kampung Pananaru, Kecamatan Tamako, Sabtu (16/3), mengapresiasi program Medaseng. Ia menilai Medaseng mampu menyosialisasikan program pemerintah sekaligus menyerap aspirasi masyarakat. "Kegiatan ini harus dilaksanakan terus-menerus. Tugas pemerintah adalah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk melayani masyarakat," ujarnya.

Menurut Olly, pentingnya penguatan sinergitas dan kerja sama antara pusat dan daerah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di segala bidang. Hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi Sulut mencapai 6,01% di atas pertumbuhan ekonomi nasional, yakni 5,27%. Angka kemiskinan juga menurun, hingga akhir 2018 berada pada 7,59% atau menurun jika dibandingkan dengan 2016 yang berada pada 8,20%. (VL/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More