Pemerintah Ancam Boikot Produk Uni Eropa

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Rabu, 20 Mar 2019, 16:40 WIB Ekonomi
Pemerintah Ancam Boikot Produk Uni Eropa

ANTARA FOTO/Indrianto Eko

PEMERINTAH siap memboikot produk-produk asal Benua Biru jika Parlemen Uni Eropa resmi mengadopsi rancangan peraturan Delegated Regulation Supplementing Directive of the EU Renewable Energy Directive (RED) II.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, sebagai negara besar dengan total populasi mencapai 260 juta jiwa, Indonesia jelas menjadi pasar yang sangat potensial bagi dunia. Sebuah kerugian bagi Uni Eropa jika Indonesia menutup akses bagi mereka.

"Kita akan pertimbangkan semua. Kalau kelapa sawit kita mati masa kita biarkan," tegas Luhut di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (20/3).

Baca juga: Indonesia Tegas ke UE soal Sawit

Ia menyebut beberapa produk Eropa yang berpotensi dijegal ke depannya adalah truk, bus, kereta serta pesawat terbang.

Ia pun mengatakan pemerintah tidak takut jika keputusan tersebut mengganggu kerja sama dan investasi yang telah dilaksanakan sejauh ini.

"Hidup itu harus punya pilihan. Kita harus tegas, tidak boleh didikte negara lain. Kepentingan nasional kita di atas segalanya," tegasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More