KTN Fokus pada Empat Bidang

Penulis: Siswantini Suryandari Pada: Rabu, 20 Mar 2019, 15:45 WIB Humaniora
KTN Fokus pada Empat Bidang

Humas MENPANRB

KONGRES Teknologi Nasional (KTN) 2019 yang digelar oleh Badan Pengkajian,dan Penerapan Teknologi, Rabu (20/3), memfokuskan pada empat bidang. Yakni teknologi kebencanaan, transportasi, Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dan technopreneur.

Hadir dalam acara tersebut Menteri PAN RB Sjafrudin, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe. Arief Yahya pun didaulat mengisi kuliah umum.

Kepala BPPT mengatakan empat hal ini akan dilakukan percepatan untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

"Seperti kebencanaan harus dipercepat karena Indonesia negara bencana. Teknologi Modifikasi Cuaca ini untuk mitigasi bencana kekeringan, kebakaran hutan, dan mengurangi curah hujan penyebab banjir," terangnya.

Kemudian di bidang transportasi akan difokuskan pada transportasi berbasis rel, untuk mengatasi kemacetan. Saat ini transportasi berbasis rel hanya berkontribusi 7%.

"Penggunaan transportasi berbasis rel akan menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan. Sekaligus untuk mengurangi polusi," jelasnya.

Baca juga: Tangerang Libatkan BPPT-UPI Bangun Kota

Sedangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material Eniya Listiani Dewi mengatakan pelayanan publik di Indonesia akan menuju era digital sehingga bisa mengurangi kasus korupsi.

"Kami akan menyediakan layanan jasa audit infrastruktur teknologi informasi. Satu sistem e-government dari pusat ke daerah. Semua sistem di pemerintah akan menggunakan aplikasi sehingga akan memudahkan pantauan. Diharapkan dengan transparasi ini bisa menekan kasus korupsi sekaligus lebih efisien dan ramah lingkungan," ucap Eniya.

Sedangkan di bidang technopreneur difokuskan pada hilirisasi hasil riset terus ditingkatkan baik melalui pemberian lisensi kepada perusahaan yang sudah ada maupun pada perusahaan pemula berbasis teknologi.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More