Wagub Papua Usulkan segera Lakukan Pemakaman Massal

Penulis: Antara Pada: Selasa, 19 Mar 2019, 23:05 WIB Nusantara
Wagub Papua Usulkan segera Lakukan Pemakaman Massal

ANTARA

WAKIL Gubernur Papua, Klemen Tinal, mengusulkan untuk segera melakukan pemakaman massal jenazah para korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura yang tidak teridentifikasi.    

"Kondisi jenazah sudah tidak memungkinkan untuk ditahan lagi, dan terkait ini masyarakat sudah setuju, tokoh agama juga sudah siap," katanya di Sentani, Selasa (19/3).  

Menurutnya, lokasi yang akan dijadikan kuburan massal sudah ada, yang mana salah seorang ondofolo (kepala suku) setempat sudah memberikan tanah adat untuk dipakai.  

"Lokasi pasti nanti biar Bupati Jayapura yang menjelaskan, namun kami menyampaikan terima kasih kepada ondofolo yang sudah menyediakan tempat pemakaman massal ini," ujarnya.    


Baca juga: Kepala BNPB Sebut Ada Tiga Faktor Bencana di Sentani


Dia menjelaskan jika dibandingkan dengan kejadian banjir pada 2007, bencana kali ini menyebabkan banyak korban jiwa sehingga diminta agar tidak ada lagi aktivitas di kawasan Cagar Alam Cycloop.    

"Jadi tidak boleh ada aktivitas apa pun dengan alasan apa pun di wilayah cagar alam Cycloop, pemerintah akan tegas terkait hal tersebut," tambahnya.    

Diberitakan, berdasarkan data humas posko induk banjir bandang lokasi terdampak parah di Kabupaten Jayapura yakni Distrik Sentani (Kelurahan Hinekombe, Dobonsolo, Sentani Kota, Kampung Yahim, Sereh), Distrik Waibu (Kampung Doyo Baru), Distrik Sentani Barat (Kampung Kertosari), Distrik Ravenirara (Kampung Yongsu Deyoso) dan Distrik Depapre.    

Di mana akibat bencana banjir bandang ini tercatat korban jiwa meninggal dunia (MD) 96 orang, dilaporkan hilang 79 orang, luka-luka ringan 75 orang, luka berat 84 orang dengan korban terdampak pada tiga distrik yakni Sentani, Waibu, dan Sentani Barat 11.725 kepala keluarga (KK). (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More