AS Selidiki Sertifikasi Boeing 737 MAX

Penulis: (AFP/Yan/I-1) Pada: Rabu, 20 Mar 2019, 06:40 WIB Internasional
 AS Selidiki Sertifikasi Boeing 737 MAX

AFP GETTY IMAGES NORTH AMERICA

REGULATOR penerbangan Boeing dari AS dalam pengawasan ketat atas sertifikasi 737 MAX pesawat setelah adanya berita bahwa dua kecelakaan baru-baru ini memiliki kesamaan.

Pada 11 Maret, sehari setelah kecelakaan di Ethiopia yang menewaskan 157 orang, seorang juri di Washington mengeluarkan surat panggilan kepada setidaknya satu orang yang terlibat dalam sertifikasi pesawat. Hal ini menurut sebuah artikel di The Wall Street Journal (WSJ) mengutip orang-orang yang dekat dengan masalah tersebut.

Surat panggilan pengadilan yang disampaikan seorang jaksa di Divisi Kriminal Departemen Kehakiman, mencari dokumen dan korespondensi terkait dengan pesawat itu.

"Penyelidikan kriminal ialah sesuatu yang sama sekali baru," kata Direktur Pelaksana Leeham Company, Scott Hamilton, yang meminta penyelidikan terhadap kecelakaan ValuJet 1996. Itu ialah satu-satunya penyelidikan penerbangan yang bukan penyelidikan sipil.

"Tidak seperti Prancis, investigasi kriminal kecelakaan penerbangan tampaknya umum, tetapi sangat langka di AS," tambah Hamilton.

Penyelidikan berfokus pada maneuvering characteristics augmentation system (MCAS), yang terlibat dalam kecelakaan Lion Air, yang menurut pihak berwenang memiliki kesamaan dengan kecelakaan di Etiopia.

Kecelakaan Ethiopian Airlines pada 10 Maret terjadi 5 bulan setelah 737 MAX 8 yang dioperasikan Lion Air jatuh di Indonesia menewaskan 189 orang. (AFP/Yan/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More