Tunggu Upacara Adat, RS Dipadati Mayat

Penulis: (OL/N-3) Pada: Selasa, 19 Mar 2019, 22:15 WIB Nusantara
 Tunggu Upacara Adat, RS Dipadati Mayat

Ist

RATUSAN mayat menumpuk disejumlah rumah sakit (RS) di Denpasar, Bali. Mayat tersebut ada yang tidak diambil keluarganya atau dititipkan di RS menunggu upacara Panca Wali Krama yakni upacara yang hanya dilaku 10 tahun sekali. Sebagai contoh, di RSUD Mangusada Kabupaten Badung, Bali, saat ini ada 104 jenazah yang dititipkan. Karena kapasitas berlebih, ada 30 jenazah di luar atau di halaman RS menggunakan tenda-tenda darurat. 

Terkait ini, Gubernur Bali I Wayan Koster mengundang pengurus Parisada Hindu Dharna Indonesia (PHDI) Bali, Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) serta para pemangku dan seluruh tokoh agama Hindu di Bali, Selasa (19/3).

Seusai rapat, PHDI mengeluarkan surat edaran No 005/PHDI-Bali/I/2019 yang menyebutkan bahwa pelaksanaan upacara Panca Wali Krama yang jatuh pada 6 Maret 2019, dan dengan merujuk pada Keputusan Pasamuhan Madya III PHDI Bali tahun 2018 No 01/Pesamuhan-Madya/PHDI-Bali/VIII/2018 tertanggal 16 Agustus 2018 tentang Upacara Panca Wali Krama di Pura Agung Besakih tahun 2019. 

Dalam keputusan tersebut tidak ada hal yang mengatur soal apakah jenazah itu bisa ditaruh di desa adat masing-masing atau tidak. “Terkait dengan jenazah yang dititip rumah sakit. Ternyata sudah ada aturannya dari PHDI. Artinya, tidak mesti harus dititip di rumah sakit,” ujar Koster. 

Menurut Ketua PHDI Bali I Gusti Ngurah Sudiana, terjadi kesalapahaman umat Hindu soal jenazah yang dititipkan di rumah sakit. Bahwa kalau ada upacara itu, jenazah tidak boleh berada di desa atau di rumah-rumah. “Ini salah paham, sehingga jenazah ditingalkan/dititipkan di rumah sakit. Ini tidak benar,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua MUDP Jero Gede Suwena Putus Uphadesa mengatakan, sebenarnya jenazah bisa dikuburkan seperti biasa. Sesuai dengan aturan yang ada, jenazahnya bisa dipendam (dikubur) sementara di kuburan masing-masing. Bagi warga yang menitipkan jenazah keluarganya di rumah sakit, segera ambil dan lakukan penguburan setelah matahari terbenam. “Jenazah yang kelamaan ditaruh di halamah rumah sakit, bisa berdampak terhadap kesehatan. Itu rumah sakit, bukan rumah untuk jenazah,” tandasnya. (OL/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More