Kemenhub Gelar Mudik Gratis untuk 54 Ribu Penumpang

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Selasa, 19 Mar 2019, 17:30 WIB Ekonomi
Kemenhub Gelar Mudik Gratis untuk 54 Ribu Penumpang

ANTARA

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) akan menyediakan angkutan mudik gratis kepada 54 ribu yang akan pulang kampung Lebaran tahun ini. Sebanyak 1.200 unit bus disiapkan untuk mengangkut pemudik sebanyak itu ke berbagai wilayah di Jawa dan Sumatera.

Selain menyiapkan bus, Kemenhub juga menyiapkan 100 truk untuk mengangkut 3.500 sepeda motor pemudik. Hal itu dilakukan demi memudahkan pemudik bersilaturahmi dari satu keluarga ke keluarga lain di kampung halaman.

“Semuanya gratis. Ini adalah komitmen pemerintah dalam menjamin keselamatan para pengguna jalan serta mengurangi angka kecelakaan di jalan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, di kantornya, Jakarta, Selasa (19/3).

Proyeksi yang dicanangkan tahun ini lebih tinggi 18% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2018, jumlah peserta mudik gratis hanya 44.041 orang. Begitu pun dengan jumlah biaya yang disiapkan.

Budi menyebutkan anggaran yang dikeluarkan tahun ini untuk menyelenggarakan program mudik gratis mencapai Rp34 miliar. Sementara, tahun lalu hanya Rp27 miliar. Ia berharap, dengan kuota pemudik gratis yang terus meningkat, angka pengemudi dengan sepeda motor akan menurun.

Baca juga: Menhub Pesimistis Tol Layang Cikampek Bisa Dipakai Mudik

Budi mengatakan masyarakat mulai bisa mendaftar program mudik gratis mulai Kamis (20/3) secara daring atau online dan awal April secara luring atau offline. "Persyaratan seperti biasa. Harus ada KTP, KK, dan STNK bagi yang menitipkan motor di truk," ucap Budi.

Untuk pendaftaran daring atau online, masyarakat bisa mengisi biodata dengan mengakses mudikgratis.dephub.go.id. Adapun, secara luring atau offline, Kemenhub menyediakan tempat pendaftaran di Kementerian Perhubungan dan GOR Bulungan Blok M (Jakarta), Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor di Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Titik keberangkatan mudik dikumpulkan di satu tempat terpadu, yakni di Kantor Bulog Divisi Regional 1 DKI Jakarta, Stadion Pakansari Bogor dan Lapangan Summarecon Bekasi. Untuk jadwal keberangkatan, truk pengangkut sepeda motor berangkat pada 30 Mei dan bus pada 31 Mei. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More