Kebutuhan Korban Gempa Terjamin

Penulis: (YR/FL/N-2) Pada: Senin, 18 Mar 2019, 23:15 WIB Nusantara
Kebutuhan Korban Gempa Terjamin

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

MENTERI Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau lokasi terparah pascagempa di Pringge Jurang, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (18/3).

Mensos didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah melihat langsung kondisi masyarakat dengan mendatangi tenda-tenda korban gempa. 

Dalam dialog dengan para pengungsi, Mensos Agus menegaskan komitmennya untuk terus memastikan masyarakat korban gempa tidak kekurangan. Kami dari pemerintah pusat tidak akan meninggalkan saudara semua,” tegas Mensos Agus.

Pemerintah pusat memberikan bantuan tahap pertama senilai Rp740 juta dalam bentuk makanan siap saji, selimut, kasur, terpal, dan lainnya. 

Pada kesempatan itu, Gubernur NTB Zulkiefli­mansyah, memberikan apresiasi atas besarnya perhatian yang diberikan pemerintah pusat terhadap nasib masyarakat di NTB, “Kami atas nama daerah mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri atas responsnya begitu cepat dalam memberikan perhatian kepada masyarakat NTB,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muh Rum, mengatakan terdapat 525 rumah rusak berat, sedang, dan ringan. Tercatat 119 luka ringan di Kabupaten Lombok Timur dan 37 orang di Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Sementara itu, korban jiwa tercatat atas nama Tommy, 14, warga Senaru, Bayan, Lombok Utara, serta Lim Sae Wah, 56, dan Tai Sieu Kim, 56. Keduanya wisatawan asal Malaysia. Dua jenazah wisatawan asal Malaysia itu akan dipulangkan ke negara asalnya dengan menggunakan pesawat Garuda pada Selasa (19/3).

Sementara itu, di Jawa Timur, wisatawan dilarang mendekat ke kawah Gunung Bromo menyusul status waspada level 2. Hingga kemarin, Gunung Bromo masih mengeluarkan material vulkanis. “Masyarakat diimbau untuk tidak mendekat ke kawah Bromo dengan radius aman 1 kilometer,” kata Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi, kemarin. 

Menurutnya, ada 4 desa di Kabupaten Probolinggo yang letaknya paling dekat dengan Gunung Bromo. Desa-desa itu di antaranya Desa Ngadisari, Jetak, Ngadas, dan Wonotoro. Aktivitas Gunung Bromo di Probolinggo terus meningkat. Asap bercampur material vulkanis menyembur dari dalam kawah dengan ketinggian mencapai 1.500 meter dari bibir kawah. (YR/FL/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More