BPDB: 13 Orang Terluka akibat Gempa Beruntun di Lombok Timur

Penulis: Yusuf Riaman Pada: Minggu, 17 Mar 2019, 20:55 WIB Nusantara
BPDB: 13 Orang Terluka akibat Gempa Beruntun di Lombok Timur

(ANTARA FOTO/BPBD NTB)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat mendata sedikitnya 13 orang mengalami luka-luka di Kabupaten Lombok Timur pascagempa 5,8 Skala Richter.

"Dari data sementara yang kita terima ada 13 orang," kata BPBD NTB, H Muhammad Rum, di Mataram, Minggu (17/3).

Ia menjelaskan, ke-13 orang yang mengalami luka-luka tersebut tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Lombok Timur. Meliputi Kecamatan Pringgasela terdapat dua orang atas nama Zulkifli, 28, dan Daffa Zaen Al Faruk, 3. Keduanya merupakan warga Dusun Aik Ngempok Desa Pengadangan. Korban mengalami luka di bagian jari dan tangan kanan serta kepala.

Selanjutnya, Kecamatan Sembalun terdapat lima orang, di antaranya Edi Rustaman, 30, Dery, 16, Hamdani, 28, Rendy, 18, dan Yogi Prima Mei Gandi, 24. Kemudian di Kecamatan Sambelia, terdapat satu orang atas nama Rifki Suherman, 15. Di Kecamatan Aikmel terdapat lima orang. Mereka di antaranya Jaurah, 33, Teguh Winata, 3, Nizar, 30, Hikmawati, 25, Fatur, 18 bulan.

"Umumnya para korban ini mengalami luka-luka di tangan, kaki dan kepala akibat terkena reruntuhan bangunan saat gempa terjadi,"
ucapnya.


Baca juga: Gempa Lombok Timur akibat Aktivitas Sesar Sekitar Rinjani


Sementara itu, untuk data kerusakan rumah terdapat di Kecamatan Montong Gading sebanyak dua unit, Sambelia satu unit, dan Kecamatan Sikur satu unit.

"Semua masih dalam proses pendataan, baik rumah rusak berat, sedang maupun ringan," katanya.

Sebelumnya, NTB diguncang gempa bumi tektonik >secara beruntun berkekuatan 5,8 SR dan 5,2 SR Minggu (17/3) pukul 14.07 WIB atau 15.07 Wita, tetapi tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menunjukkan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,30 Lintang Selatan dan 116,60 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer (km).

Pusat gempa berada di laut pada jarak 24 kmTimur laut Kabupaten Lombok Timur, 36 km Timur laut Kabupaten Lombok Utara, 37 km Barat Laut Pulau Panjang, Kabupaten Sumbawa, dan 63 km Timur Laut Kota Mataram. (Ant/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More