Jasa Marga Targetkan Arus Nonstop Multijalur Beroperasi pada 2020

Penulis: Ferdinand Pada: Minggu, 17 Mar 2019, 16:30 WIB Ekonomi
Jasa Marga Targetkan Arus Nonstop Multijalur Beroperasi pada 2020

ANTARA FOTO/Risky Andrianto

PT Jasa Marga Tbk terus mencari terobosan untuk  meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jalan tol. Salah satunya melalui sistem multi lane free flow (MLFF) atau arus nonstop multijalur yang ditargetkan bisa beroperasi paling lambat pada 2020.

Corporate Communication and Community Development Grop Head PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru mengatakan sistem tersebut merupakan standar yang diterapkan di banyak negara. Dengan sistem itu pengendara tidak perlu lagi menghentikan mobilnya di gerbang tol.

"Sekarang ini kami sedang menguji sistem single lane free flow (SLFF) di Jalan Tol Bali Mandara," kata Dwimawan Heru di sela-sela perayaan ulang tahun ke-41 PT. Jasa Marga Tbk di Rest Area 519 A, jalan tol ruas Solo-Ngawi, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (17/3).

SLFF merupakan pengembangan dari teknologi electronic toll collection (ETC). Seperti halnya MLFF, dengan sistem ini pengendara tidak perlu lagi melakukan tapping kartu di gerbang tol.

Pembayaran tarif tol akan berlangsung otomatis berdasarkan identitas berupa stiker yang ditempelkan di mobil. Sensor itu terintegrasi dengan teknologi radio frequency identification (RFID) dan dedicated short range communications (DSRC).

"Bedanya SLFF hanya berlaku di lajur khusus, sementara MLFF berlaku di semua lajur. Orang bisa masuk dari mana saja," kata Dwimawan.

Apakah ini berarti pembayaran tol nontunai dengan cara tapping kartu kurang efektif? Dwimawan mengatakan sejauh ini cukup efektif. Hanya saja sejalan tuntutan jaman kualitas layanan harus terus ditingkatkan.

Heru menambahkan, di usia 41 ini PT Jasa Marga terus berupaya untuk memberikan karya terbaik untuk masyarakat dan menjadi pemimpin. Apalagi saat ini persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, mau tidak mau mereka harus meningkatkan kualitas layanan.

Perayaan ulang tahun ke-41 PT Jasa Marga yang tahun ini dipusatkan di Rest Area 519A berlangsung meriah. Direktur Utama PT Jasa Marga, Desi Arryani dan Komisaris PT Jasa Marga Sapto Amdal Damandari juga hadir memeriahkan bersama karyawan Jasa Marga dan karyawan dari perusahaan mitra kerja. (A-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More