KPU Rilis Film Suara April Bagi Kaum Milenial

Penulis: Cindy Pada: Sabtu, 16 Mar 2019, 14:15 WIB Politik dan Hukum
KPU Rilis Film Suara April Bagi Kaum Milenial

Medcom.id/Faisal Abdalla

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan film berjudul 'Suara April' sebagai wadah sosialiasi pemilu terhadap kaum milenial. Tujuannya untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya suara dalam menentukan masa depan bangsa.

Film berdurasi 90 menit itu menceritakan seorang relawan politik yang datang ke kampung Rampangrejo untuk memberikan penyuluhan pemilu. Sayangnya, warga apatis terhadap pemilu dan lebih menyukai musik dangdut.

Sementara itu, Sekolah Menengah Atas (SMA) satu-satunya di kampung tersebut terancam tutup akibat tidak ada dana memadai. Salah satu cara menyelamatkan sekolah itu dengan memiliki wakil rakyat yang bisa memperjuangkan sekolah tersebut.

Kedua tokoh utama, relawan politik dan guru SMA tersebut bekerja sama mencari cara untuk meningkatkan partisipasi pemilu di kampung tersebut. Bahkan sampai menyelenggarakan acara dangdut dengan penyuluhan pemilu di dalamnya.

Baca juga: Jokowi Ajak Pendukungnya Cegah Golput

Setelah tingkat partisipasi warga kampung meningkat, masalah baru pun terjadi. Film yang dibalut komedi tersebut menampilkan kejahatan poltik seperti politik uang dan saling menjatuhkan antar caleg. Hingga bagaimana politik sehat menjadi pemicu kembalinya partisipasi politik warga.

Film tersebut disutradarai Emil Haradi dan Wicaksono Wisnu Legowo. Dengan pemain film Amanda Manopo, Bio One, Dewi Gita, dan almarhum Torro Margens.

Ketua KPU RI Arief Budiman berharap film tersebut dapat meningkatkan partisipasi kaum milenial untuk menggunakan hak suara pada Pemilu 2019 nanti.

Pihaknya akan menyebarkan film tersebut kepada KPU di provinsi dan kabupaten/kota untuk menggelar acara nonton bareng dengan layar tancap bersama masyarakat.

"Pesan dari film itu bisa disampaikan kepada keluarga, saudara, kolega tentang pesan penting Pemilu. Gunakan hak pilih anda untuk memilih pemimpin terbaik 17 April 2019 nanti," kata Arief di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Jumat (15/3). (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More