UNS Beri Penghargaan untuk Paku Buwono XII

Penulis: Ferdinand Pada: Sabtu, 16 Mar 2019, 13:30 WIB Nusantara
UNS Beri Penghargaan untuk Paku Buwono XII

MI/Ferdinand

UNIVERSITAS Sebelas Maret (UNS) memberikan penghargaan kepada raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mendiang Paku Buwono XII.

Penghargaan Parasamya Anugraha Dharmakrida Widyatama Budaya itu diserahkan Rektor UNS Ravik Karsidi kepada putra-putri almarhum Paku Buwono XII di gedung dr Prakosa UNS, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (15/3) malam.

"Sinuhun Paku Buwono XII adalah sosok yang luar biasa dalam bidang pendidikan, utamanya pendidikan di UNS, dan mendorong pengembangan kebudayaan Jawa," kata Ravik.

Menilik sejarahnya, UNS memiliki pertalian batin yang sangat erat dengan Keraton Kasunanan Surakarta.

Baca juga: Ratusan Mahasiswa UMS Diwisuda

Bahkan, peresmian UNS oleh Presiden Soeharto pada 11 Maret 1976 dilangsungkan di Pagelaran Keraton Surakarta.

Putra Paku Buwono XII, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, mewakili saudara-saudaranya, berterima kasih atas perhatian yang diberikan UNS.

Menurutnya, ini membuktikan bahwa UNS tidak melupakan sejarah dan jasa-jasa yang pernah dilakukan para pendahulu, khususnya Paku Buwono XII.

Dia berharap apa yang telah dilakukan Paku Buwono XII semasa hidup dapat menjadi teladan bersama, khususnya dalam pengembangan pendidikan dan kebudayaan Jawa.

"Di dalam budaya Jawa terdapat nilai-nilai luhur yang agung bagi siapapun," kata Puger. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More