Ma’ruf Amin Maksimalkan Durasi Debat

Penulis: Thomas Harming Suwarta Pada: Sabtu, 16 Mar 2019, 07:22 WIB Politik dan Hukum
Ma’ruf Amin Maksimalkan Durasi Debat

MI/Susanto

CALON wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin, menyatakan kesiapannya menjalani debat ketiga Pilpres 2019 yang akan digelar besok.

Saat ini Ma’ruf mengaku fokus belajar untuk memaksimalkan durasi debat karena ia tidak biasa dibatasi saat berdebat masalah keagamaan.

“Saya kan biasa bicara panjang. Kalau debat, kan pakai menit-menit. Ya, itu saya harus belajar yang menit-menit itu,” ujar Ma’ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, kemarin.

Terkait persiapan materi debat, tidak ada persiapan secara spesifik. Ma’ruf hanya banyak membaca buku dan berdiskusi dengan beberapa pihak yang datang bersilaturahim dengannya.

Saat menjelang debat, dia tetap menjalani aktivitas untuk bertemu dengan masyarakat. Bahkan, saat menghadiri acara di Cilegon dan Serang, Kamis (14/3),

Ma’ruf bersama rombongan­ baru tiba di kediaman Jumat (15/3) dini hari. “Ya, seperti biasa. Saya terus jalan aja. Ngobrol sedikit, baca sedikit, jalan. Semalem sampe pukul 01.00 baru pulang dari siang. Santai aja,” ujarnya.

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, kemarin direncanakan melakukan simulasi. Dia ingin memantapkan materi debat yang berkaitan dengan data dan gestur.

“Perlu latihan materi, latihan gestur, dan latihan juga, ya tentunya berkaitan dengan data. Pak Sudirman (Said) yang akan mengoordinasi. Timnya kecil saja,” jelasnya.

Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio memperkirakan, pada debat ketiga nanti, berlangsung tidak seimbang karena masih melekat­nya baju ulama pada cawapres Ma’ruf Amin.

“Bagaimanapun baju ulama itu melekat pada cawapres 01 meski beliau ialah juga politikus yang saat ini sebagai cawapres. Pak Sandi suka tidak suka serbasalah entah berhadapan dengan ulama yang harus dia hormati dan bahkan tidak elok untuk didebat,” kata Hendri di Jakarta, kemarin.

Untuk mengamankan debat besok yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, itu sebanyak 5.000 personel gabungan Polri, TNI, dan Pemprov DKI Jakarta diturunkan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan pengamanan itu tak berbeda dengan debat-debat sebelumnya.(Ths/*/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More