Menkeu Sebut Dana LPDP Capai Rp46 Triliun

Penulis: Nur Aivanni Pada: Sabtu, 16 Mar 2019, 00:18 WIB Ekonomi
Menkeu Sebut Dana LPDP Capai Rp46 Triliun

ANTARA

MENTERI Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pembiayaan program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah mencapai Rp46,117 triliun.

Hal itu disampaikannya dalam acara Sarasehan LPDP 2019 dengan tema kembali untuk negeri.

"Untuk pembiayaan program beasiswa saat ini dana LPDP sudah mencapai Rp46,117 triliun. Dan ini dipelihara dananya dalam bentuk investasi, baik surat berharga negara, deposito, obiligasi," katanya di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (15/3) malam.

Sebagai informasi, sejak awal diluncurkan pada 2013, tercatat telah ada 20.255 orang awardee beasiswa LPDP pada skema program magister, doktoral, dokter spesialis, dan disertasi yang menempuh pendidikan baik di dalam maupun luar negeri.

LPDP terus mengarahkan para awardee untuk menjadi pemimpin masa depan yang tersebar di berbagai bidang, antara lain teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, serta sosial budaya.

Baca juga : Wapres : Indonesia Butuh Generasi Kreatif Ciptakan Lapangan kerja

Selain itu, LPDP juga terus melakukan perluasan akses dan pemerataan penerima beasiswa ke seluruh daerah untuk mempersiapkan pemuda Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0.

Delapan puluh persen beasiswa akan dialokasikan untuk program afirmasi bagi masyarakat di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), ASN/TNI/Polri, beasiswa unggulan dosen Indonesia, dan beasiswa santri.

Sri Mulyani mengatakan bahwa hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla agar beasiswa afirmasi terus ditingkatkan.

"Dengan skema tersebut, awardee LPDP diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi negara serta mendukung pemerataan pembangunan sumber daya manusia di seluruh Indonesia," tandasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More