Jokowi Jelaskan Tiga Kartu Baru Jika Terpilih Pilpres 2019

Penulis: Yoseph Pencawan Pada: Sabtu, 16 Mar 2019, 00:09 WIB Nusantara
Jokowi Jelaskan Tiga Kartu Baru Jika Terpilih Pilpres 2019

ANTARA

SEJAUH ini, Pemerintah di bawah kepemimpinan Joko Widido telah menerbitkan jutaan Kartu Indonesia Pintar atau KIP dan Kartu Indonesia Sehat atau KIS.

Untuk KIP, pemerintah telah menerbitkan sekitar 19 juta kartu.

Presiden Joko Widodo merasa jumlah itu belum cukup banyak untuk mendukung pendidikan para siswa di Tanah Air. Karena itu dia berjanji penerbitan KIP masih akan terus dilakukan.

Namun dia juga mengungkapkan dirinya sudah memersiapkan penerbitan tiga kartu baru, bila terpilih dalam Pemilu 2019. Salah satunya adalah KIP untuk mahasiswa atau untuk berkuliah.

Hal itu dia ungkapkan saat berbicara di hadapan ribuan peserta Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama bertema Satu untuk Negeri yang digelar berbagai elemen masyarakat, di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut, Jakan Willem Iskandar, Kota Medan, Jumat (15/3).

"Kita telah mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat. Kartu Indonesia Pintar untuk siswa SD, SMP dan SMA dan saat ini sudah dikeluarkan 19 juta kartu. Setelah itu, nanti akan keluar lagi KIP untuk kuliah," paparnya.

Baca juga : Jokowi Pesan Jaga Kerukunan dan Persatuan ke Ibu-Ibu Pengajian

Lalu dia menunjukkan contoh kartu tersebut dan bertanya kepada peserta, setuju atau tidak. Para peserta pun menjawab setuju meski pertanyaan itu dua kali diulang Jokowi.

Jokowi menjelaskan, kartu ini akan diperuntukkan bagi generasi muda yang ingin berkuliah di dalam maupun di luar negeri dan jika  ia terpilih dalam Pilpres 2019 nanti, maka akan diterbitkan mulai tahun depan.

Kartu kedua adalah kartu Pra-Kerja dan ia juga menunjukkan contoh kartunya. Kartu itu diperuntukkan bagi mereka yang ingin masuk ke dunia kerja setelah menamatkan bangku perkuliahan.

Baik yang ingin bekerja di kantoran maupun industri.

Dengan kartu ini mereka akan diberikan pelatihan-pelatihan, sehingga diyakini akan cepat mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, pemegang kartu ini juga akan diberikan insentif honor sampai mendapatkan kerja, dengan durasi enam hingga 12 bulan.

Kartu ketiga yaitu Kartu Sembako Murah. Pemegang kartu ini akan mendapatkan diskon dalam jumlah yang besar, meski untuk sekarang belum ditentukan persentasenya.

"Tapi  ini akan diberikan tidak untuk semua masyarakat," ujarnya.

Dengan kata lain, Kartu Sembako Murah hanya akan diberikan kepada warga tidak mampu. (OL-8)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More