Barca bukan Lawan yang Diharapkan United

Penulis: Cahya Mulyana     Pada: Sabtu, 16 Mar 2019, 05:40 WIB Sepak Bola
Barca bukan Lawan yang Diharapkan United

Fabrice COFFRINI / AFP

HASIL undian perempat final Liga Champions sepertinya tidak terlalu menguntungkan Manchester United. Pasalnya, mereka  harus menghadapi raksasa Catalan, Barcelona.

Padahal, mereka punya rekor yang tidak bagus saat menghadapi Blaugrana. Dari catatan head-to-head kedua tim, ‘Setan Merah’ tercatat hanya menang sekali dalam delapan pertemuan sebelumnya di pentas Eropa/Liga Champions. Tujuh pertandingan lainnya berkesudahan dengan tiga kali kalah dan empat kali imbang. 

Dua kekalahan terakhir United dari Barcelona terjadi di partai puncak Liga Champions, yaitu pada 2009 dan 2011. 

Adapun satu-satunya kemenangan MU atas Barcelona terjadi pada leg kedua semifinal Liga Champions 2007-2008 di Old Trafford. Saat itu mereka menang 1-0 melalui gol Paul Scholes, kemudian MU menjadi juara setelah mengalahkan Chelsea di final. 

Leg pertama laga tersebut bakal digelar di Old Trafford pada 10 April mendatang. MU kemudian akan menjalani leg kedua ketika bertandang ke Camp Nou pada 16 April. 

Berbeda dengan Manchester United, klub rival sekota Manchester City tampak percaya diri dalam menyikapi hasil undian tersebut. The Citizen akan menghadapi klub Liga Primer Inggris lainnya Tottenham Hotspur di babak delapan besar.

“Kami percaya diri. Kami sedang tampil baik, kami menjalani musim yang bagus dan sekarang kami di posisi yang bagus terkait dengan sepak bola yang kami mainkan,” ujar Direktur Sepak Bola City Txiki Begiristain.

“Namun, kami juga tahu Tottenham bisa membuat masalah. Musim lalu kami melawan Liverpool (di perempat final) dan tidak lolos. Saya harap kali ini peruntungan kami lebih baik,” imbuhnya.

Menurut dia, sebenarnya tidak ada lawan yang mudah di perempat final. Pasalnya, semuanya sudah membuktikan kualitas mereka di babak 16 besar. 

“Ke semua tim berhak menjadi kandidat juara di sini. Ajax sukses menyingkirkan juara bertahan Real Madrid, Porto menyudahi AS Roma. Jadi, kami harus benar-benar fokus. Tidak boleh ada kesalahan di Liga Champions, sedikit saja salah Anda akan dihukum,” tegas Begiristain.

Bukan underdog
Hal senada dikatakan arsitek Liverpool, Juergen Klopp. Menurut juru taktik asal Jerman itu, tidak ada lawan yang mudah di Liga Champions. Karena itu, mereka tidak boleh memandang enteng Porto dan menempatkan klub Portugal itu sebagai underdog.

Ia juga tidak setuju timnya dijadikan sebagai favorit hanya karena melihat hasil musim lalu. Ketika itu Liverpool memang sukses melumat Porto 5-0 di babak 16 besar.

“Hasil (musim lalu) itu sebenarnya aneh. Kami begitu bagus di leg pertama, tapi kemudian Porto menunjukkan karakternya di leg kedua dan kami kesulitan,” ujar Klopp. 

“Porto tidak berada dalam daftar yang kami inginkan, tapi kini mereka akan menjadi lawan kami, jadi kami harus hadapi. Hal pertama ialah kami harus menghormati mereka. Kami tahu kualitas Porto, jadi harus melakukan tugas kami 100%,” lanjutnya. (AFP/BBC/UEFA/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More