Studi: Sifat Narsis Membuat Tukang Selingkuh Susah Sadar

Penulis: Tosiani Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 21:10 WIB Weekend
Studi: Sifat Narsis Membuat Tukang Selingkuh Susah Sadar

Ilustrasi--Thinkstock

ANDA memiliki kenalan, atau bahkan pasangan, yang doyan berselingkuh dan tetap tidak merasa salah? Jika iya, mungkin ada hubungannya dengan sifat narsis yang mereka miliki.

Hal tersebut menjadi salah satu hasil studi yang diungkap oleh tim yang dipimpin oleh Lawrence Joseph, PhD, Professor Psikologi dari Adelphi University, Amerika Serikat. Hasil studi yang dimuat dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin terbaru itu mengeksplor sifat narsis dengan sikap peselingkuh.

Peneliti menemukan jika sikap kemunafikan seksual, yakni sikap peselingkuh yang tidak juga mengakui kesalahannya, lebih kuat di personaliti tertentu. Kemunafikan yang dimaksud adalah jika mereka berselingkuh justru akan menyalahkan keadaan dan pasangan yang sebenarnya jadi korban. Sebaliknya, jika mereka yang jadi korban, mereka pun tetap hanya akan menyalahkan pasangan yang berselingkuh.

Peneliti menemukan jika sikap bias itu terkait dengan sisfat narsis. Akibat sifat narsis maka orang akan sulit melihat kelemahan sendiri. Peneliti menyimpulkan jika karakter ini akan menjadi tantangan bagi pasangan-pasangan yang ingin rujuk setelah kejadian perselingkungan. Tanpa mengatasi, sifat narsis, maka perbaikan hubungan yang menyeluruh akan sulit tercapai. (Psychology Today/M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More