KPU Tuding Ada Pihak yang Sengaja Mendelegitmasi

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 19:40 WIB Politik dan Hukum
KPU Tuding Ada Pihak yang Sengaja Mendelegitmasi

MI/Arya Manggala

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi menuturkan ada pihak yang secara sengaja berupaya secara serius melakukan serangan ke pihaknya dengan membuat narasi bahwa KPU tidak profesional dan lakukan kecurangan.

"Ada upaya sistematis dan serius mengkaitkan KPU ini tidak netral, memanipulasi sedemikian rupa membuat hoaks, seperti tujuh kontainer surat suara yang faktanya sama sekali enggak ada. Kami memgambil langkah hukum hanya isu-isu tertentu yang mengarah dan menuduh kami, deligitimasi ada di area itu," ungkapnya di Media Center, Jakarta, Jumat (15/3).

Upaya tersebut, menurut Pramono, dikerjakan oleh kelompok-kelompok yang bekerja secara profesional untuk membuat kampanye negatif.

"Kami sangat memahami bahwa di dalam kontestasi elektoral kita kan memang ada kelompok-kelompok yang memang bekerja profesional di bidang itu. Satu sisi mereka bekerja untuk menyebarkan informasi positif tentang calonnya tapi di sisi lain juga menginformasikan hal-hal negatif dari lawannya," kata Pramono.

Ia menambahkan bahwa belakangan ini serang-serangan hoaks itu bukan hanya diarahkan peserta pemilu, antar pasangan calon, tetapi disisi lain serangan itu mengarah ke KPU.

"Ini menurut saya fenomena yang agak baru dibanding pilpres 2014. Makanya kita terkaget-kaget dengan serangan ini. Pada akhirnya mau nggak mau kita harus menyiapkan diri baik dari sisi kinerja dan upaya counter dari kami," ucap Pramono.

"Memamg hoaks-hoaks itulah terlalu mudah dikonsumsi publik. Publik dalam konteks ini tidak mendapatkan informasi yang benar terkait visi misi gagasan pasangan calon, tapi yang beredar dari grup ke grup dari akun media sosial itu adalah informasi yang tidak benar itu, jadi itu itu memang sangat disayangkan," tandasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More