Krisis Ekonomi Politik Masa Orba

Penulis: (*/M-4) Pada: Sabtu, 16 Mar 2019, 02:30 WIB Weekend
Krisis Ekonomi Politik Masa Orba

Dok MI

WAKTU mungkin merupakan satu-satunya bukti bahwa krisis moneter pada tahun 1997-1998 memang benar ada. Masalah ini terjadi akibat investor asing yang menjadi lakon utama. Mulailah muncul silih berganti dari kemerosotan angka peningkatan laju pertumbuhan dari negara lainnya yang terus berkembang. 

Indonesia pada tahun itu hanya kuat menaikkan 3%, sedangkan Thailand, Vietnam, dan Tiongkok mengalami peningkatan lebih dari 7%. Oleh karena itu, pada 2000 Indonesia mulai kelimpungan untuk memperbaiki peningkatan angka bagi pertumbuhan infrastruktur.

Di dalam buku ini juga digambarkan kondisi yang penuh ketidakpastian pada aspek ekonomi, politik, hukum, dan sebagainya. Terdapat lima bagian yang dipaparkan, semuanya ialah menyangkut perkembangan, konflik, dan penyelesaian tentang infrastruktur karena infrastruktur dianggap sebagai mimpi untuk meningkatkan kualitas kemajuan suatu negara. Ada pula sejarah perekonomian yang telah memberikan ragam contoh atau bukti bagaimana infrastruktur berperan sebagai katalisator dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, dari pembangunan kanal-kanal dan jalan-jalan tol.

Gambaran secara luas Menjaja Jalan karya Jamie S. Davidson ini menjelaskan temuan-temuan penting tentang kondisi ekonomi dan politik di Indonesia yang sedang berubah. Dari kajian kontekstual atas Jalan Tol Trans Jawa (JTTJ) dan pelajaran model Kerja Sama Publik Swasta (KPS) ala World Bank dalam pembangunan infrastruktur. (*/M-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More