NU Kecam Aksi Teror di Masjid Selandia Baru

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 16:51 WIB Internasional
NU Kecam Aksi Teror di Masjid Selandia Baru

MI/Sumaryanto Bronto

KETUA Pengurus Harian Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Robikin Emhas menanggapi soal penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru. Ia menilai tindakan tersebut tidak berperikemanusiaan.

"Kita belum tahu pasti siapa pelaku dan apa motifnya.Namun siapa pun dan apa pun motifnya, itu tindakan biadab. Tindakan yang bukan hanya sangat tidak berperikemanusiaan dan nilai agama, namun juga jauh dari akal sehat manusia itu sendiri. Dunia layak mengutuknya," ujarnya dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (15/3).

Lebih lanjut, ia berharap bahwa otoritas setempat segera dapat memulihkan keadaan dan masyarakat merasa aman kembali. Pelakunya juga dapat ditangkap hidup-hidup, sehingga diperoleh keterangan memadai siapa dan apa motifnya.

Baca juga: Polisi Selandia Baru Tangkap Empat Orang Terkait Penembakan

"Serta dapat diseret ke pengadilan untuk dimintai pertanggung jawaban. Satu dan lain hal agar otoritas New Zealand dapat mengambil kebijakan strategis lebih jauh untuk melindungi masyarakat," jelas Robikin.

Dalam pemberitaan media lokal, menyebutkan tembakan dilakukan dekat sebuah masjid. Seorang saksi mata mengatakan kepada jurnalis One News, bahwa ia melihat tiga orang terbaring di tanah dan ada darah di luar gedung.

Sementara itu, saksi di dalam masjid mengatakan kepada Radio Selandia Baru bahwa dia mendengar tembakan dan empat orang terbaring di tanah. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More