Sektor Nonmigas Bawa Neraca Perdagangan Februari Surplus

Penulis: Andhika prasetyo Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 10:30 WIB Ekonomi
Sektor Nonmigas Bawa Neraca Perdagangan Februari Surplus

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

SETELAH selama empat bulan mengalami defisit, akhirnya pada Februari 2019, neraca perdagangan Indonesia menunjukkan adanya perbaikan dengan capaian surplus sebesar US$0,33 miliar.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengungkapkan raihan positif itu ditopang oleh catatan baik di kinerja nonmigas yang tercatat surplus US$0,79 miliar.

Surplus tersebut mampu menutup lubang defisit yang dihasilkan sektor migas US$0,46 miliar.

Ia berharap situasi tersebut dapat terus dijaga pada bulan-bulan berikutnya sehingga neraca perdagangan secara akumulatif dapat semakin membaik.

 

Baca juga: Defiist Neraca Berjalan Bisa Membaik Jadi 2%

 

Untuk saat ini, sepanjang dua bulan pertama 2019, Indonesia masih mencatat defisit US$0,73 miliar, turun dari US$1,159 miliar pada bulan pertama.

"Kita harap pada bulan-bulan berikutnya tren surplus terus berlanjut sehingga defisit neraca dagang bisa terus terpangkas," ujar Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Jumat (15/3).

Walaupun surplus pada bulan ini masih tipis, ia mengatakan itu cukup baik untuk menopang pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2019. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More