Sekolah Diserang, 8 Orang Tewas

Penulis: (I-2) Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 07:00 WIB Internasional
 Sekolah Diserang, 8 Orang Tewas

AFP/NELSON ALMEIDA

SEDIKITNYA delapan orang tewas dalam insiden penembakan di sebuah sekolah dasar (SD) di Brasil. Pada Rabu (13/3) pagi waktu setempat, dua remaja memasuki gedung sekolah tersebut dan melepaskan tembakan secara membabi buta.

Kisah memilukan itu diungkapkan kepolisian Sao Paulo seperti disitat dari Kantor Berita Antara, kemarin. Menurut polisi, sebanyak 5 siswa, 1 orang dewasa yang bekerja di gedung sekolah tersebut, dan 2 penembak yang masih remaja tewas dalam insiden tersebut.

Selain korban tewas, sejumlah anak lainnya yang tidak disebutkan dalam keterangan aparat, juga ditembak secara membabi buta di SD Raul Brasil tersebut.

Para korban segera dilarikan ke beberapa rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan guna menyelamatkan nyawa mereka.

Namun, sejauh ini kondisi kesehatan mereka belum dapat diketahui secara detail. Sebagai informasi, penembakan-penembakan yang menjadikan sekolah sebagai target terbilang jarang terjadi di Brasil.

Meskipun negara itu termasuk salah satu wilayah dengan tingkat kriminalitas tinggi dan terkenal paling kejam di dunia, para pelaku kejahatan sangat jarang menyasar sekolah.

Padahal, Brasil dikenal sebagai negara dengan jumlah kasus pembunuhan per tahun yang lebih banyak ketimbang negara-negara lain di dunia.

Insiden terakhir terjadi pada 2011 silam. Saat itu, sebuah sekolah ditembaki secara membabi buta oleh seorang mantan siswa di Kota Rio de Janeiro. Sebanyak 12 siswa tewas di tempat akibat timah panas.

Di lain hal, kendati undang-undang tentang kepemilikan senjata diberlakukan sangat ketat di Brasil, tidak sulit bagi masyarakat untuk membeli secara ilegal sepucuk senjata dari pasar gelap.

Penutup kepala

Sementara itu, terkait dengan kronologi penembakan yang menewaskan lima siswa SD tersebut, polisi menuturkan insiden itu berawal ketika dua remaja yang mengenakan penutup muka memasuki gedung sekolah sambil menenteng senjata.

Mereka kemudian mengokang senjata dan mulai menembak secara membabi buta ke arah kerumunan siswa. Peristiwa itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 09.30 waktu setempat.

Setelah melepaskan tembakan, kedua remaja itu kemudian menembak diri mereka dan tewas seketika.

Polisi kepada jejaring Globo TV mengatakan, selain insiden penembakan tersebut, juga terjadi penembakan lain.

Tempat kejadian perkara berada sekitar 500 meter dari sekolah Raul Brasil.

Di lokasi itu, penembakan terjadi beberapa saat setelah pembunuhan di sekolah itu berlangsung.

Namun, polisi tidak menjelaskan secara detail mengenai jumlah korban dan identitas pelaku. Hingga kini, belum jelas apakah kedua insiden penembakan tersebut berkaitan atau tidak. (I-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More